Dorong Sektor Pertanian, Pj Bupati Klungkung Bagikan 50 Ton Pupuk Organik

Selasa, 06 Februari 2024 - 21:17 WIB
loading...
Dorong Sektor Pertanian, Pj Bupati Klungkung Bagikan 50 Ton Pupuk Organik
Pj Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika membagikan pupuk organik gratis hasil produksi dari Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) ke sejumlah desa di Kecamatan Klungkung. Foto/Ist
A A A
KLUNGKUNG - Penjabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika membagikan pupuk organik gratis ke sejumlah desa di Kecamatan Klungkung. Pupuk organik tersebut merupakan hasil produksi dari Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS).

Bantuan ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam mendukung dan mewujudkan pertanian organik di Klungkung, Bali.



"Pembagian pupuk ini sekaligus langkah solutif mengantisipasi kelangkaan pupuk subsidi kimia. Hari ini kami menebarkan pupuk di lahan subak, semoga hasil pertaniannya lebih subur,” kata I Nyoman Jendrika dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024).

Pembagian pupuk organik dilaksanakan di Desa Selisihan Kawan sebanyak 40 ton dan Desa Gembalan sebanyak 10 ton.

Pupuk organik yang diberikan dibuat menggunakan metode Osaki Jepang. Pupuk organik metode ini telah diujicobakan untuk tanaman padi, jagung, kedelai, bawang, dan cabai dan terbukti mampu meningkatkan hasil produksi.

Dengan demikian diharapkan pertanian organik bisa terus berkembang dan secara berkelanjutan.



"Kita di Kabupaten Klungkung sangat mendukung program dari Pemerintah Provinsi Bali untuk membuat pertanian organik. Mudah-mudahan nanti dengan pertanian organik ini tanah menjadi sehat dan kita juga akan semakin menjadi sehat," ujarnya.

Lagipula setelah saya mencermati pertumbuhan padi dengan menggunakan pupuk organik, pada penanaman dari segi fisik hampir sama dengan pertumbuhan padi menggunakan pupuk kimia," sambung Bupati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)