Ilmuwan Temukan Fakta Bulan Planet Saturnus Bisa Dihuni Manusia

Kamis, 28 Juni 2018 - 18:44 WIB
Ilmuwan Temukan Fakta Bulan Planet Saturnus Bisa Dihuni Manusia
Ilmuwan Temukan Fakta Bulan Planet Saturnus Bisa Dihuni Manusia
A A A
LONDON - Luar angkasa menjadi ladang eksplorasi para ilmuwan guna menemukan planet sebagai habitat alternatif makhluk hidup, termasuk manusia. Sehubungan dengan tujuan tersebut, mereka baru-baru ini telah menemukan molekul-molekul kompleks berbasis karbon di perairan bulan Saturnus, yakni Enceladus.

Senyawa seperti molekul yang ditemukan hanya bisa didapat di Bumi dan beberapa meteorit. Molekul seperti ini diduga terbentuk dalam reaksi antara air dan batu hangat di dasar laut.

Meski bukan tanda kehidupan, kehadiran molekul menunjukan Enceladus bisa dihuni organisme hidup. Penemuan ini berdasarkan data yang dikumpulkan pesawat ruang angkasa Cassini.

Dilansir BBC, Rabu (27/6/2018), seorang penulis di penelitian terkait, Dr Frank Postberg mengatakan, molekul besar yang mereka temukan mengandung jaringan kompleks yang dibangun dari ratusan atom. "Ini merupakan pendeteksian pertama organik kompleks seperti itu yang datang dari dunia air luar angkasa," ungkap Frank.

Faktanya, pesawat ruang angkasa Cassini yang dikirim September lalu tidak dirancang untuk mendeteksi kehidupan di Saturnus. Bahkan pesawat dikirim sebelum para ilmuwan tahu tentang molekul yang muncul dari kutub selatan Enceladus.

Menurut Frank, langkah logis berikutnya adalah segera kembali ke Enceladus dengan teknologi khusus. Lalu meneliti secara mendalam apakah ada kehidupan di luar Bumi, khususnya di Enceladus.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0337 seconds (0.1#10.140)