Sayonara Asimo, Honda Akan Lahirkan Robot Baru

Sabtu, 30 Juni 2018 - 16:29 WIB
Sayonara Asimo, Honda Akan Lahirkan Robot Baru
Sayonara Asimo, Honda Akan Lahirkan Robot Baru
A A A
TOKYO - Meski telah dikembangkan selama lebih dari satu dekade, Honda mengumumkan telah menghentikan pengembangan robot humanoid nya, Asimo.

Asimo merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility. Asimo sendiri butuh waktu 20 tahun dalam pengembangannya agar dapat menjadi seperti sekarang, hal ini dikarenakan para tenaga kerja Honda benar-benar mempelajari bagaimana cara manusia berjalan dan membuat kaki robotic sebanyak 13 kali percobaan.

Ia dilahirkan pada 31 Oktober 2000 melalui hasil program R&D robotik Honda. Asimo memulai debutnya pada tahun 2005 baru dua tahun kemudian melangkah ke Amerika Serikat.

Honda terus meningkatkan kemampuan Asimo, dalam pembaharuannya terkahir ditahun 2011 Asimo dibekali teknologi kecerdasan buatan yang memiliki motorik layaknya manusia.

Sebagai gantinya, Honda akan memproduksi robot lain yang lebih praktis dan bermanfaat bagi perkembangan dibidang teknologi transportasi.

“Honda terus mengembangkan robot humanoid. Tim pengembangan robot di R & D masih ada." ujar salah satu perwakilan Honda dilansir TechCrunch (29/6/2018).
Honda telah merancang robot generasi baru dengan teknologi 3E Robotic Concept. Robot tersebut memiliki sifat lembuh sama seperti Asimo, dan keunggulan lainnya bisa menunjukan berbagai ekspresi wajah pada manusia disekitarnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8819 seconds (0.1#10.140)