Aplikasi Penghemat Baterai Terindikasi Modus Curi Data

Jum'at, 06 Juli 2018 - 06:02 WIB
Aplikasi Penghemat Baterai Terindikasi Modus Curi Data
Aplikasi Penghemat Baterai Terindikasi Modus Curi Data
A A A
LONDON - Pemilik smartphone Android harus waspada dengan aplikasi penghemat baterai telepon karena daya tarik sebenarnya adalah trik untuk mencuri data pribadi Anda.

Seperti dilansir dari dailymail, pakar keamanan telah menemukan bahwa aplikasi Penghemat Baterai Tingkat Lanjut yang dapat diunggah di Google Play Store dapat mengakses lokasi, nomor telepon, dan pesan pemilik telepon.

Rumit situasinya, informasi ini dapat digunakan oleh peretas untuk mencuri rincian pembayaran Anda dan bahkan berpotensi mengancam korban.

Pakar keamanan memperingatkan mereka yang mengunduh aplikasi untuk membersihkan ponsel cerdas mereka menggunakan perangkat lunak antivirus untuk menghindari masalah di masa depan.

Perusahaan keamanan komputer, RiskIQ yang berbasis di San Francisco, adalah pihak pertama yang mengungkapkan keprihatinan mereka tentang penipuan tersebut.

Malware atau malware dirancang untuk pesan pop-up yang muncul ketika berselancar di internet memperingatkan bahwa pembersihan diperlukan untuk memori telepon untuk menghindari masalah kapasitas baterai berkurang.

Pesan tersebut disesuaikan dengan buatan dan model smartphone Anda untuk melihat keaslian peringatan penipuan.

Dengan menekan tombol instalasi pada aplikasi pembersihan yang disarankan popup, pengguna akan terhubung langsung ke Google Play Store untuk mengunduh malware.

Menurut RiskIQ, aplikasi telah diunduh sebanyak 60.000 orang sejauh ini.

Mereka yang telah menggunakan aplikasi di ponsel mereka perlu menghapus aplikasi dan menggunakan perangkat lunak antivirus pada perangkat Android untuk menghindari efek buruk.

Malware ini dirancang untuk menjalankan iklan di latar belakang perangkat Anda serta menjadi sumber uang bagi penipu melalui klik pada iklan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1200 seconds (0.1#10.140)