Teknik Ovarium Beri Kesempatan Besar Wanita Mandul Hamil

Minggu, 08 Juli 2018 - 19:16 WIB
Teknik Ovarium Beri Kesempatan Besar Wanita Mandul Hamil
Teknik Ovarium Beri Kesempatan Besar Wanita Mandul Hamil
A A A
LONDON - Kaum wanita yang divonis mandul atau tidak dapat hamil kini memiliki harapan untuk memiliki anak. Para ilmuwan membuat ovarium buatan untuk menolong wanita yang sangat menginginkan seorang anak.

Organ sintetis yang terbuat dari jaringan wanita itu sendiri akan ditransfer ke wanita yang tidak subur karena perawatan medis dan secara alami dapat menghasilkan ovarium.

Seperti dilansir dari Daily Mail, teknik terbaru dirancang untuk membantu wanita dan gadis menjalani kemoterapi untuk mengobati kanker. Obat kemoterapi dapat menyebabkan seorang wanita tidak subur karena indung telur mereka menjadi rusak.

Gadis yang tidak memiliki pubertas dapat menjadi subur sebelum ovarium mereka menghasilkan sel telur atau telur.

Salah satu metode untuk mencegah kondisi ini adalah membekukan jaringan ovarium yang menghasilkan sel telur sebelum perawatan dan menggantikannya setelah perawatan.

Namun, pasien kanker berisiko terkena kembali sel kanker yang terkandung dalam jaringan ovarium yang ditransplantasikan.

Teknik baru ini mencegah hal ini untuk mengeluarkan semua sel kanker dari jaringan ovarium dan hanya menyisakan satu sarang protein yang tidak lagi mengandung sel, sehingga menghilangkan kemungkinan terjadinya kanker berulang. Sarang menyediakan lingkungan untuk folikel pasien yang menghasilkan ratusan telur untuk tumbuh.

Kemudian dapat dimasukkan ke dalam tubuh pasien dan memungkinkan seorang wanita menghasilkan telur secara alami setiap bulan.

Percobaan ini akan diumumkan oleh Dr. Susanne Pors dari Rigshospitalet Breeding Laboratory di Kopenhagen pada konferensi Masyarakat Eropa untuk Pemuliaan dan Embriologi di Barcelona.

Dr. Pors mengatakan teknik ovarium buatan memungkinkan sel telur manusia tumbuh di jaringan berbahaya di laboratorium. Dalam percobaan lebih lanjut pada tikus, dia mengatakan mereka menemukan bahwa sel-sel ovarium telah berhasil dikembangkan.

Percobaan pada manusia diharapkan akan diimplementasikan dalam lima tahun ke depan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5553 seconds (0.1#10.140)