NASA Tangkap Citra Planet dengan Warna Merah Muda yang Cantik

Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:31 WIB
loading...
NASA Tangkap Citra Planet dengan Warna Merah Muda yang Cantik
NASA temukan orbit GJ 504. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Para astronom NASA menangkap citra sebuah planet yang bersinar cantik dengan warna merah muda yang mencolok. Planet tersebut dikenal bernama GJ 504b.(Baca juga: Kans Gatot Nurmantyo dan Andika Perkasa di Pilpres 2024 Ditentukan Hal Ini )

NASA sebenarnya telah menemukan orbit GJ 504 ini sejak tahun 2013 silam menggunakan teleskop Subaru yang berada di Hawaii. Tapi NASA kembali membahas mengenai planet ini sebagai exoplanet atau planet yang berada di luar Tata Surya. BACA JUGA - Sinyal Kusut, Pelanggan IndiHome Ngamuk di Media Sosial


Dikutip dari Express, Kamis (13/8/2020), GJ 504b memiliki ukuran empat kali lebih besar dari Jupiter. Mengingat Jupiter sendiri 11 kali lebih besar dari Bumi, dapat dikatakan GJ 504b benar-benar planet raksasa.

Planet ini mengelilingi bintang GJ 504 yang berjarak 57 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Virgo. Para peneliti memperkirakan planet itu berusia masih sangat muda yakni sekitar 160 juta tahun. Sebagai perbandingan, Bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu.

NASA mengatakan rahasia dari warna merah mudanya yang cantik adalah karena usianya yang terbilang masih muda.

Planet yang baru terbentuk biasanya memiliki temperatur yang sangat panas dan membutuhkan ratusan juta tahun untuk mulai mendingin. GJ 504b tidak memiliki waktu sebanyak itu sehingga permukaannya saat ini masih panas dengan temperatur 237 Celcius.

Planet masif ini memiliki tarikan gravitasi yang kuat sehingga membantu menjaga sabuk asteroid di tempatnya sehingga batuan ruang angkasa tidak terbang di sekitar tata surya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)