alexametrics

Menjajal Kemampuan Xiaomi Mi 8 SE

Ponsel Lemah di Desain, Hebat di Perangkat Keras

loading...
Ponsel Lemah di Desain, Hebat di Perangkat Keras
Dari desain, bentuk Xiaomi Mi 8 SE premium saat ada di tangan karena mengadopsi bingkai samping aluminium dan kaca belakang. Foto/GSM Arena
A+ A-
BEIJING - Di hari ulang tahunnya ke-8, Xiaomi memperkenalkan trio smartphone yang semuanya ditujukan untuk segmen pasar berbeda. Xaomi Mi 8 "biasa" dapat diklasifikasikan sebagai flagship utama dan Mi 8 Explorer Edition dikategorikan sebagai varian terbaru dan terbaik dari perusahaan China tersebut. Terakhir, Mi 8 SE yang dianggap cocok bagi mereka yang mencari nilai terbaik untuk uang.

Di antara ketiganya, Xiaomi menganggap Mi 8 SE bisa menjadi solusi yang masuk akal bagi konsumen menengah atas. Benarkah? GSM Arena pun baru-baru ini melakukan review atas ponsel pintar ini.



Dari desain, bentuknya premium saat ada di tangan karena mengadopsi bingkai samping aluminium dan kaca belakang. Tapi gara-gara kaca ini pula unit tidak mendukung pengisian nirkabel. Rasanya enak di dalam genggaman tangan, meskipun pegangannya sedikit tidak nyaman karena desainnya yang datar.
Ponsel Lemah di Desain, Hebat di Perangkat Keras
Hal lain yang perlu diperhatikan langsung adalah takik yang keberadaannya dirusak oleh sisi yang agak tebal dan bezel atas. Sepertinya Xiaomi hanya mengikuti tren daripada benar-benar menghemat ruang. Buruknya lagi, ponsel tidak memiliki teknologi pengenal wajah yang terlihat di Mi 8 standar dan Mi 8 Explorer. Karena itu patut dipertanyakan mengapa mereka memaksakan diri pengggunaan takik.

Beralih ke hardware atau perangkat kerasnya, Mi 8 SE memang bisa diandalkan. Uji kerja Snapdragon (SD) 710 menunjukkan kinerja CPU hampir sama dengan SoC Qualcomm tahun ini, yakni Snapdragon 835. Hanya GPU yang kurang, tapi ada peningkatan efisiensi energi dan di situlah SD 710 akan bersinar.

Ponsel bekerja cepat karena penggunaan RAM 4 GB atau 6 GB dengan ROM (penyimpanan internal) 64 GB. Layarnya walaupun lebih kecil dari Mi 8, tapi berbasis Super AMOLED, sehingga tidak ada downgrade di sini. Mi 8 SE menawarkan 5,88 inci diagonal, tinggi rasio aspek 18,7:9, dan resolusi tajam 1.080x2.244 piksel.

Di bagian belakang, ada pengaturan kamera ganda yang terdiri dari sensor utama 12 MP (f/1.9) yang digabungkan kamera 5MP untuk penginderaan mendalam. Sedangkan takiknya berisi kamera 20 MP dengan pembukaan f/2,0 sehingga bisa menghasilkan foto selfie yang tajam.

Sistem ini didukung oleh baterai 3.120 mAh dan saat ini Xiaomi Mi 8 SE menjalankan Android 8.1 Oreo dengan MIUI 9.5 MIUI di bagian atas. Yang terakhir segera diperbarui dengan MIUI 10. Kombinasi perangkat lunak dan baterai tersebut menjadi jaminan ponsel bisa beroperasi lama.

(mim)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak