Land Rover Kalah Gugatan Hak Cipta di Kandang Sendiri

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:15 WIB
loading...
Land Rover Kalah Gugatan Hak Cipta di Kandang Sendiri
Foto/dok
A A A
PERUSAHAAN mobil asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR) hanya bisa gigt jari setelah kalah persidangan hak cipta di Inggris baru-baru ini. Disebutkan oleh Autoblog, JLR tengah menggugat perusahaan mobil baru Inggris, Ineos karena dianggap telah meniru desain mobil legendaries mereka Land Rover Defender.

Diketahui beberapa waktu lalu Ineos meluncurkan mobil bernama Ineos Grenadier. Saat itu banyak orang yang mengatakan mobil buatan Ineos itu memang sangat mirip dengan Land Rover Defender. Dari segi tampilan memang Ineos Grenadier diangga memenuhi semua elemen yang ada di Land Rover Defender. (Baca: Jaguar Land rover Defender, Mobil Petualang Abad Ke-21)

Hanya saja elemen-elemen itu justru dianggap terlalu umum. Menurut pengadilan di Inggris, elemen-elemen SUV yang ada di Land Rover Defender tidak sangat spesifik milik Land Rover Defender. Konsep badan mobil dua box, overhang dan buritan yang pendek serta ground clearance tinggi bukan milik Land Rover Defender semata. Mobil-mobil lain juga bisa memiliki elemen itu. Dari situlah pengadilan Inggris memutuskan menganulir gugatan JLR kepada Ineos untuk menghentikan produksi Ineos Grenadier.

Land Rover Kalah Gugatan Hak Cipta di Kandang Sendiri


Penolakan itu disambut positif oleh Ineos. Merespons putusan pengadilan mereka mengatakan desain yang dimiliki oleh Land Rover Defender tidak langsung serta merta menjadi ciri khas yang dimiliki oleh merek JLR.

“Keputusan ini membuat kami semakin yakin untuk melanjutkan rencana produksi massal Grenadier pada 2021,” tulis keterangan resmi Ineos. (Baca juga: Postingan Menghujat Nabi Muhammad Picu Bentrokan di India, Tiga Tewas)

Diketahui Ineos merupakan perusahaan automotif baru dari Inggris yang dibangun oleh jutawan negeri Ratu Elizabeth II, Sir Jim Ratcliffe. Diketahui Sir Jim Ratcliffe adalah sosok instrumental di Inggris untu petualangan mobil off-road. Pengalamannya itulah yang membuat Sir Jim Ratcliffe terinspirasi membuat mobil off-road yang tangguh bernama Ineos Grenadier.

Uniknya Sir Jim Ratcliffe disebutkan Autobog mengaku terinspirasi oleh mobil Land Rover Defender klasik saat membuat Ineos Grenadier. Dia bahkan mencoba membeli sketsa awal pembuatan Land Rover Defender klasik saat JLR memutuskan untuk meninggalkan desain itu untuk desain yang lebih baru. (Lihat videonya: Jaksa Cantik Pinangki Jadi tersangka, Diduga Terima Suap Rp7 Miliar)

Saat ini Land Rover Defender memang sudah hadir dengan desain yang lebih segar dan futuristis. Tidak ada lagi desain yang sangat kaku seperti Land Rover Defender lama. Uniknya di saat yang bersamaan Ineos Grenadier justru mengambil elemen klasik itu dan mendapatkan apresiasi positif dari penggemar mobil off-road. (Wahyu Sibarani)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)