Kadal Cacing Bermoncong Tajam Muncul Kembali Setelah 90 Tahun Menghilang

Minggu, 18 Februari 2024 - 15:31 WIB
loading...
Kadal Cacing Bermoncong Tajam Muncul Kembali Setelah 90 Tahun Menghilang
Kadal Cacing Bermoncong. FOTO/ LIFE SCIENCE
A A A
BERLIN - Makhluk yang sulit ditangkap mungkin tampak hanya ada di dunia mata-mata dan alien, tetapi hewan juga cukup pandai dalam hal itu, dan salah satu yang menunjukkan sifat tersebut adalah kadal cacing bermoncong tajam Somalia.



Seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (18/2/2024), karena belum pernah terlihat secara resmi selama lebih dari 90 tahun, makhluk yang tampak aneh ini kini muncul kembali.

Kadal cacing bermoncong tajam Somalia (Ancylocranium somalicum) pertama kali dilaporkan pada tahun 1931, ketika para ilmuwan menemukan subspesies reptil tersebut di negara bagian Somaliland yang sekarang tidak dikenal.

Di sinilah ditemukan kembali oleh Mark Spicer dari HALO Trust dan rekan-rekannya pada bulan Januari tahun ini.

“Suatu hari, salah satu pengawas ladang ranjau kami, Hassan Du’ale, memanggil saya untuk menunjukkan sesuatu yang menarik,” kenang Spicer kepada New Scientist. “Saya mengikutinya, kami berdua memakai APD [alat pelindung diri] dan dia melakukan sedikit penjelajahan di dalam tanah dan menghasilkan seekor kadal cacing.”

Ternyata kadal cacing tersebut merupakan subspesies A. s. parkeri, setelah ahli herpetologi Universitas Mendel Tomáš Mazuch, yang berspesialisasi dalam amfibi dan reptil yang berasal dari Tanduk Afrika, membenarkannya dari foto yang diambil oleh Spicer.

Gambar-gambar tersebut memberikan gambaran betapa anehnya penampilan makhluk ini. Kadal ini memiliki tubuh panjang dan ramping seperti cacing, dengan moncong tajam yang digunakan untuk menggali tanah. Kulitnya berwarna coklat keabu-abuan dengan bintik-bintik hitam. Panjangnya sekitar 30 sentimeter.

Penemuan kembali kadal cacing bermoncong tajam Somalia adalah berita yang menarik bagi para ilmuwan, karena mereka sekarang dapat mempelajari lebih lanjut tentang makhluk misterius ini. Hal ini juga menunjukkan bahwa masih banyak spesies yang belum ditemukan di dunia, dan masih banyak yang harus dipelajari tentang planet kita.

Gambar tersebut menunjukkan kadal cacing bermoncong tajam Somalia dengan tubuh panjang dan ramping seperti cacing, dengan moncong tajam yang digunakan untuk menggali tanah. Kulitnya berwarna coklat keabu-abuan dengan bintik-bintik hitam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)