Kenapa Sanksi Barat Tidak Efektif Melemahkan Rusia?

Minggu, 18 Februari 2024 - 17:55 WIB
loading...
Kenapa Sanksi Barat Tidak Efektif Melemahkan Rusia?
Rusia mampu bertahan terhadap sanksi Barat. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Sanksi Barat terhadap Moskow telah gagal mengganggu stabilitas perekonomian Rusia . Itu ditegaskan Presiden Lituania Gitanas Nauseda.

Berbicara di Konferensi Keamanan Munich, Nauseda menunjuk pada indikator makroekonomi yang dengan jelas menunjukkan bahwa perekonomian negara tersebut tetap stabil.

Menurut angka resmi terbaru, PDB Rusia naik 3,6% pada tahun 2023, melampaui AS dan UE, dan otoritas negara tersebut memperkirakan pertumbuhan setidaknya 2,3% pada tahun ini.

“Kita harus mengakui bahwa ketiga belas paket sanksi tersebut – yang ketigabelas belum diterapkan – pada dasarnya memiliki dampak yang sangat terbatas terhadap perekonomian Rusia,” kata Nauseda.

Dia mencatat bahwa Rusia sudah mahir dalam menghindari pembatasan, dan mendesak blok tersebut untuk memfokuskan langkah-langkah di masa depan untuk mencegah penghindaran sanksi.



“Penting untuk memperkuat konsekuensi sekunder dan cara-cara untuk menghindari sanksi-sanksi ini, yang sangat tidak masuk akal sehingga praktis membuat mekanisme sanksi itu sendiri tidak efektif dan kosong,” kata Nauseda.

Pemimpin Lituania juga meminta Brussel untuk meningkatkan upaya menggunakan aset-aset Rusia yang dibekukan untuk bantuan ke Ukraina.

“Kita memerlukan keputusan yang lebih cepat mengenai apa yang harus dilakukan terhadap aset-aset Rusia yang dibekukan tersebut,” katanya, sambil menekankan bahwa negara-negara Barat masih belum dapat menemukan cara hukum untuk memanfaatkan dana tersebut.

AS dan UE telah membekukan sekitar setengah aset milik bank sentral Rusia, yang diperkirakan berjumlah USD300 miliar, sejak awal konflik Ukraina. Sejak saat itu, mereka mempertimbangkan cara untuk menyita aset-aset tersebut guna mendanai paket bantuan untuk Kiev.

UE saat ini sedang mencari cara untuk mengambil pendapatan yang dihasilkan tahun lalu dari dana yang disimpan oleh lembaga kliring Euroclear yang berbasis di Belgia. Sementara itu, AS telah mencari cara hukum untuk menyita aset tersebut.

Rusia telah berulang kali mengkritik pembekuan aset-asetnya, memperingatkan ancaman yang ditimbulkannya terhadap sistem keuangan global, dan bersumpah akan melakukan pembalasan jika negara-negara Barat mengambil tindakan untuk menyita dana tersebut.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1397 seconds (0.1#10.140)