alexametrics

KIA Niro EV Mulai Berseliweran di Korea Selatan

loading...
KIA Niro EV Mulai Berseliweran di Korea Selatan
KIA Niro EV/FOTO/ KIA Indonesia
A+ A-
SEOUL - KIA Motors meluncurkan KIA Niro EV di Busan International Motor Show 2018 beberapa waktu lalu dan kini mulai berseliweran di jalan-jalan Korea Selatan.

Mobil listrik yang mampu menempuh jarak 380 kilometer tersebut menggabungkan kenikmatan berkendara yang dipadukan dengan desain menarik perhatian dan utilitas. KIA akhirnya menambah portofolio mobil listrik mereka. Setelah mendapatkan perhatian besar di Amerika Serikat lewat KIA Soul EV, kini perusahaan mobil Negeri Ginseng tersebut meluncurkan mobil listrik kedua mereka, KIA Niro EV.

“Niro EV akan menjadi kendaraan listrik kedua yang dijual secara global KIA, mengikuti EV Soul yang sangat populer. Ini menunjukkan kemajuan yang dibuat KIA dalam memberikan kendaraan yang nyaman, praktis, dan menyenangkan untuk dikendarai yang memimpin jalan dalam mengemudi nolemisi,” ujar Han-woo Park, President & CEO KIA Motors Corporation KIA mengatakan KIA Niro EV merupakan hasil kerja sama antara Pusat Desain KIA di California, AS, dan Namyang.



Mobil ini memang merupakan pengembangan dari KIA Niro yang sudah ada, seperti Niro Hybrid dan Niro Plug-in Hybrid. Nah agar terlihat berbeda, KIA memberikan serangkaian fitur desain eksklusif buat Niro EV.

Mengambil inspirasi dari Niro EV Concept yang diluncurkan pada Pameran Elektronik 2018 di Las Vegas, eksterior dari Niro EV didasarkan pada konsep desain “Bersih dan Teknologi Tinggi”. Kisi “tiger noise” yang futuristik dan aerodinamis dilengkapi dengan port pengisian terintegrasi, dengan logo Niro yang tidak terlihat.

Di dalam Niro EV, kabin menggabungkan desain modern dengan ruang luas dan teknologi yang melengkapi powertrain nol-emisi. Terungkap untuk pertama kalinya hari ini, interior EV Niro dibedakan dari model Niro lainnya dengan berbagai fitur baru dan elemen desain.

Niro EV memiliki sistem pencahayaan suasana baru, dengan pencahayaan halus menerangi konsol tengah dan shifter. Penumpang dapat memilih dari enam warna - putih, abu-abu, perunggu, merah, hijau, dan biru. New high-gloss trim hitam dan biru juga melapisi pintu dari EV Niro, lebih meningkatkan suasana futuristik kabin.

Layar sentuh HIM 7 inci Niro (human-machine interface) tetap berada di pusat dasbor, tetapi telah diperbarui untuk menawarkan serangkaian fitur EV-spesifik. Sistem infotainmen baru memungkinkan pemilik untuk menemukan titik pengisian di dekatnya dan memantau tingkat muatan dan jangkauan yang tersisa dari paket baterai.

Instrumen kluster layar LCD berwarna 7,0 inci - juga unik untuk Niro EV, memungkinkan pengemudi untuk secara intuitif memeriksa mengemudi dan EV powertrain informasi on-themove. Konsol tengah yang dirancang ulang juga menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan di dasar dasbor untuk barang-barang yang lebih kecil—termasuk charger ponsel pintar nirkabel.

Lampu terintegrasi ke bagian atas dasbor, dengan lampu menampilkan apakah baterai sedang diisi ulang atau terisi penuh saat dicolokkan. Hal ini memungkinkan pemilik untuk segera melihat status pengisian mobil secara sekilas dari luar mobil.

Ketika Niro pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, platform barunya telah direkayasa untuk mengakomodasi berbagai powertrain canggih. Sekarang diluncurkan dengan powertrain baterai-listrik, Niro EV menawarkan kepraktisan dan fleksibilitas yang lebih besar dengan desain dari banyak EVS lainnya.

Jarak sumbu 2.700 mm memastikan semua penumpang dapat menikmati ruang kaki yang lapang, sementara ruang dan rasa ruang gerak diperkuat oleh desain crossovernya. Lebar body 1.805 mm dan tinggi 1.560 mm, memastikan ruang kepala dan bahu maksimal di seluruh kabin.

Dengan panjang 4.375 mm, ia menawarkan lebih banyak ruang kargo - 451 liter (VDA) - daripada banyak plug-in dan kendaraan listrik lainnya. Kia Niro EV telah dirancang untuk menggabungkan desain sporty, crossover-terinspirasi dengan jarak jauh, kemampuan mengemudi nol-emisi dan kinerja yang menyenangkan.

Ini dapat dicapai dengan powertrain kendaraan listrik generasi berikutnya, menggunakan teknologi produksi baru yang dialokasikan untuk Kia EVs. Dilengkapi dengan baterai lithium-polymer berkapasitas 64 kWh, Niro EV akan mampu menempuh lebih dari 380 kilometer (236 mil) dengan sekali pengisian dengan nol emisi.

Dipasang ke pengisi daya cepat 100 kW, diperlukan 54 menit untuk mengisi ulang baterai Niro EV hingga 80%. Pembeli juga akan menentukan EV Niro mereka dengan paket baterai lithium-polymer opsional 39,2 kWh, dengan jangkauan hingga 240 kilometer (149 mil) dari sekali pengisian.

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui motor 150 kW (204 ps), menghasilkan torsi 395 Nm dari posisi diam, memungkinkan Niro EV berakselerasi dari 0 hingga 100 kpj hanya dalam 7,8 detik.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak