Apple Diancam Tidak Dapat Sinyal di India

Rabu, 25 Juli 2018 - 18:06 WIB
Apple Diancam Tidak Dapat Sinyal di India
Apple Diancam Tidak Dapat Sinyal di India
A A A
NEW YORK - Regulator telekomunikasi India (TRAI) mengancam akan mencabut registrasi perangkat-perangka iPhone dari jaringan operator seluler di negaranya.

Ancaman tersebut ada lantaran Apple menolak memasang aplikasi buatan TRAI yang bernama Do Not Distrub (DND) di perangkat iPhone. TRAI mewajibkan aplikasi DND ini diunduh oleh pengguna ponsel di semua sistem operasi baik Android maupun iOS.

DND merupakan palikasi yang memungkinkan para penggunaanya melaporkan panggilan dan pesan yang tidak diminta atau menggangu.

Apple sendiri tak mau memasang DND di App Store dengan alasan sifat DND yang mengakses rekaman SMS dan telepon pengguna sehingga berpotensi melanggar privasi.

TRAI memberi waktu enam bulan bagi semua perusahaan untuk memastikan semua perangkat smartphone sudah dapat menginstall DND.

Jika perusahaan seperti Apple terus menolak aplikasi anti-spam pemerintah India, TRAI mengatakan akan memaksa operator untuk menghapus perangkat tersebut dari jaringan mereka. Ini berarti, semua iPhone akan kehilangan akses ke 3G, 4G, dan layanan suara.

“Setiap Penyedia Akses harus memastikan, dalam waktu enam bulan, bahwa semua perangkat ponsel pintar yang terdaftar di jaringannya mendukung izin yang diperlukan untuk memfungsikan Aplikasi seperti yang ditentukan dalam peraturan 6 (2) (e) dan peraturan 23 (2) (D), "catatan TRAI dalam dokumen pengaturannya disitat laman 9to5mac beberapa hari lalu.

“Dengan ketentuan bahwa perangkat tersebut tidak mengizinkan fungsi Aplikasi seperti yang ditentukan dalam peraturan 6 (2) (e) dan peraturan 23 (2) (d), Penyedia Akses harus, atas perintah atau arahan Otorita, menghentikan pengakuan perangkat tersebut dari jaringan telekomunikasi mereka."
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6542 seconds (0.1#10.140)