Pelatih Kelas Dunia Satoru Mochizuk Pimpin Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia U-17 2024, PSSI Tak Pasang Target

Rabu, 21 Februari 2024 - 06:02 WIB
loading...
Pelatih Kelas Dunia Satoru Mochizuk Pimpin Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia U-17 2024, PSSI Tak Pasang Target
Pelatih kelas dunia Satoru Mochizuk (tengah) pimpin Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia U-17 2024. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) tidak memberikan target kepada pelatih baru Satoru Mochizuki di Timnas Wanita Indonesia U-17 pada Piala Asia U-17 2024. Padahal, Satoru adalah pelatih kelas dunia yang membawa Jepang juara Piala Dunia Wanita 2011.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Jakarta, Selasa (20/2/2024). Timnas Wanita Indonesia U-17 dipastikan akan jadi tuan rumah Piala Asia U-17 2024. Meski berstatus tuan rumah, eks presiden Inter Milan itu enggan membebankan target kepada skuad Garuda Pertiwi Muda karena akan dilatih oleh pelatih anyar.

"Nah tentu sebagai tuan rumah AFC U-17 nanti, ya saya gak mau ada target dulu (untuk Satoru)," kata Erick Thohir kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (20/2/2024).



"Jangan (bilang), kok gak ada target? Pelatih yang lain ditargetin nih, ya sabar orang baru datang langsung ditargetin, talent poolnya saja belum kelihatan seperti apa," imbuhnya.

Meski tak membebankan target, Erick Thohir tetap memberikan kepercayaan penuh kepada Satoru Mochizuki untuk meningkatkan kualitas Timnas Wanita Indonesia dari kelompok umur. Di mana, sang pelatih asal Jepang itu akan membantu pembangunan sepakbola wanita Indonesia mulai dari U-17.

"Nah ini saya bilang ‘coach tidak ada target’. Tapi ini sebagai cikal bakal pembentukan tim kita jangka panjang," beber Erick Thohir.

"Kita memetakan kapan kejuaraan dunia U-17, kapan kejuaraan dunia U-20 women kapan juga kejuaraan dunia senior women’s, ini yang kita blueprintkan, kita strategikan dimulai dari tim U 17 AFC yang kita persiapkan tahun ini," katanya lagi.

Lebih lanjut, Erick Thohir memastikan Piala Asia Wanita U-17 2024 akan digelar di Bali, Indonesia antara 7 hingga 20 April 2024. Namun sebelum mentas di ajang itu, pelatih Satoru akan melakukan talent scouting di beberapa daerah bersama Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"U17 AFC akan ada di Bali, nanti coach akan mulai planning secepatnya, tetapi tentu talent pool-nya kita akan mulai peta-kan. Tetapi saya percaya bahwa kita sudah mulai melangkah dan saya yakin langkahnya baik. Tinggal bagaimana kita pastikan setelah melangkah kita bisa berlari dan menghasilkan prestasi. Terima kasih," tandas Erick Thohir.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)