Kisah Malcolm X Mengunjungi Gaza pada September 1964

Sabtu, 24 Februari 2024 - 06:28 WIB
loading...
Kisah Malcolm X Mengunjungi Gaza pada September 1964
Malcolm X bertemu dengan anggota Organisasi Pembebasan Palestina di Hotel Shepheards Kairo, pada 15 September 1964 (UNC Press)
A A A
Aktivis hak asasi manusia dan pengkhotbah Muslim Malcolm X dibunuh 59 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 21 Februari 1965.

Meskipun ia dikenal karena pembelaannya terhadap hak-hak sipil komunitas kulit hitam di Amerika Serikat , ia juga menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk berbicara tentang perjuangan masyarakat di seluruh dunia.

Khususnya pada tahun-tahun terakhir hidupnya - setelah melepaskan diri dari Nation of Islam yang nasionalis dan separatis Kulit Hitam - Malcolm mulai berinteraksi dengan para pemimpin dan organisator di seluruh dunia.

Selama perjalanan ekstensif di Afrika dan Timur Tengah pada tahun 1964, ia bertemu dengan beberapa pemimpin pan-Afrika dan pan-Arab pascakolonial, termasuk Presiden Mesir saat itu Gamal Abdel Nasser, Perdana Menteri Ghana Kwame Nkrumah, dan Presiden Guinea Ahmed Sekou Toure.



“Saya, misalnya, ingin memberi kesan, terutama kepada mereka yang menyebut dirinya pemimpin, pentingnya menyadari hubungan langsung antara perjuangan orang Afro-Amerika di negara ini dan perjuangan rakyat kita di seluruh dunia,” kata Malcolm sekembalinya ke Amerika di New York pada bulan Desember 1964.

Salah satu penyebab internasional tersebut adalah perjuangan rakyat Palestina , yang paling disuarakan oleh tokoh hak-hak sipil tersebut dalam enam bulan terakhir hidupnya.

Pada tahun 1948, dalam apa yang kemudian dikenal sebagai Nakba (atau bencana), 750.000 warga Palestina diusir dari rumah mereka secara etnis untuk membuka jalan bagi negara Israel yang baru dibentuk.

Pada tahun-tahun berikutnya, pengungsi Palestina terpaksa tinggal di kamp pengungsi di Gaza, Tepi Barat, dan negara-negara tetangga termasuk Yordania, Lebanon, dan Suriah.

Dalam konteks itulah Malcolm dua kali mengunjungi Palestina. Dia pergi ke Yerusalem pada tahun 1959 dan kemudian ke Gaza selama dua hari pada bulan September 1964.

Tidak banyak yang diketahui mengenai perjalanan pertamanya, namun pengalamannya di Gaza terdokumentasi dengan baik.



Kunjungan ke Gaza

Malcolm melakukan perjalanan dari Mesir ke Gaza pada 5 September 1964.

Pada saat itu, Jalur Gaza berada di bawah kendali Mesir (yang mengambil alih wilayah kantong tersebut pada tahun 1948) dan oleh karena itu perjalanan antara kedua wilayah tersebut relatif lancar.

Menurut catatan harian perjalanannya, Malcolm mengunjungi kamp pengungsi Khan Younis, yang didirikan pada tahun 1949 setelah Nakba untuk menampung orang-orang yang mengungsi dari wilayah lain Palestina.

Dia juga mengunjungi rumah sakit setempat dan makan malam bersama para pemimpin agama di Gaza.

Sore harinya, pengkhotbah Amerika itu bertemu dengan penyair terkenal Palestina Harun Hashem Rashid, yang menjelaskan kepadanya bagaimana dia lolos dari pembantaian Khan Younis pada tahun 1956.

Selama pembantaian tersebut, yang terjadi dalam perang satu minggu yang kemudian dikenal sebagai Krisis Suez, pasukan Israel mengeksekusi total 275 warga Palestina (mayoritas di antaranya adalah warga sipil) di Gaza selatan dari rumah ke rumah.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)