Jaringan Seluler di Jakabaring Siap Tampung Puluhan Ribu Penonton

Senin, 06 Agustus 2018 - 22:06 WIB
Jaringan Seluler di Jakabaring Siap Tampung Puluhan Ribu Penonton
Jaringan Seluler di Jakabaring Siap Tampung Puluhan Ribu Penonton
A A A
PALEMBANG - Kualitas jaringan seluler guna menjamin kelancaran trafik data selama Asian Games 2018 merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan ajang tersebut. Telkomsel pun menyiapkan teknologi dan infrastrukturnya guna menyokong pemenuhan kebutuhan itu.

Sebagai Official Mobile Partner Asian Games 2018, BUMN ini telah mempersiapkan infrastuktur yang sanggup menjamin kelayakan jaringan demi mendukung pagelaran kejuaraan olahraga terbesar se-Asia yang berlangsung 18 Agustus - 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Karena itu, Telkomsel menghadirkan teknologi Time Division Duplexing (TDD) Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) guna meningkatkan kapasitas layanan di titik prioritas utama, seperti di sekitar Jakabaring Sports City, Palembang, Sumatera Selatan.

Selain menggunakan teknologi terdepan, Telkomsel juga telah menambah jumlah BTS menjadi 44 unit untuk menjangkau seluruh arena pertandingan di sekitar Jakabaring Sport City. Mereka juga menambah lima Compact Mobile BTS (Combat).

"Semua itu guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama berlangsungnya perhelatan Asian Games 2018 di Palembang," kata Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan dalam tinjauannya secara langsung ke Jakabaring Sports City, baru-baru ini.

Disebutkannya, saat berlangsung seluruh pertandingan olahraga, diperkirakan akan ada puluhan ribu penonton yang berkumpul di waktu yang bersamaan. Hal ni akan mendorong trafik layanan komunikasi meningkat cukup signifikan.

"Untuk itu, Telkomsel hadir guna menjamin semua pihak tetap lancar berkomunikasi dan mengabadikan momen istimewa tersebut melalui layanan broadband tercepat, khususnya di kawasan Jakabaring Sport City Palembang ini,” tuturnya.

Sedangkan secara keseluruhan, Telkomsel telah menyiagakan lebih dari 1.000 base transceiver station (BTS) di Jakarta dan Palembang demi mengamankan kebutuhan komunikasi publik di 175 titik prioritas utama. Termasuk menghadirkan teknologi Time Division Duplexing (TDD) Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi di keramaian dengan lebih baik.

Bob menambahkan, dukungan seluruh pihak dalam kesuksesan Asian Games sangat penting demi menguatkan citra Indonesia di mata dunia. Oleh karena itu Telkomsel sejak awal telah berkomitmen mempersiapkan seluruh infrastruktur yang dibutuhkan, termasuk menggunakan teknologi jaringan terdepan seperti TDD Massive MIMO.

Teknologi itu memungkinkan BTS 4G LTE untuk mengirim dan menerima lebih dari satu sinyal data secara bersamaan dalam kanal radio yang sama, sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan 4G LTE. “Asian Games 2018 merupakan perhelatan akbar yang akan menjadi soroton dari seluruh penjuru dunia, terutama Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara. Semua infrastrutur yang dibutuhkan telah kami siapkan. Kami mengajak seluruh masyarakat dan pihak yang terlibat untuk mensukseskan pagelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, serta menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia siap menggelar kejuaraan olahraga terbesar se-Asia," pungkas Bob.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4108 seconds (0.1#10.140)