alexametrics

2017 Tembus 400 Ribu, 2018 Jumlah Pengunjung GIIAS Masih Misteri

loading...
2017 Tembus 400 Ribu, 2018 Jumlah Pengunjung GIIAS Masih Misteri
Presiden RI Joko Widodo saat buka GIIAS 2018. FOTO/ SINDOnews
A+ A-
TANGERANG - Gelaran world class auto show series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 telah berlangsung pada 2 – 12 Agustus 2018, telah ditutup. Namun hingga GIIAS 2018 ditutup, panitia belum mengungkapkan berapa jumlah pasti pengunjung GIIAS 2018 setelah 2017 pengunjungnya tembus 400 ribu.

Tahun ini GIIAS 2018 mengajak Agen Pemegang Merek (APM) otomotif di Indonesia untuk menghadirkan kendaraan terkini, kendaraan konsep, dan teknologi terkini yang sehingga masyarakat dan pelaku industri otomotif di Indonesia memiliki pemahaman yang lebih mengenai pesatnya kemajuan industri otomotif nasional dan otomotif global.

Catatan positif lainnya yang berhasil dicatat GIIAS pada tahun ini adalah pemerataan pengunjung disepanjang hari penyelenggaraannya. Upaya yang dimulai sejak tahun lalu ini, menunjukkan hasil yang baik pada penyelenggaraan pameran GAIKINDO yang ke-26 ini. Pada penyelenggaraan GIIAS sebelumnya pengunjung terasa sangat padat pada hari-hari weekends, yang hingga tahun 2017 lalu berlangsung pada Jumat, Sabtu dan Minggu. Hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan untuk para pengunjung. Pada GIIAS 2018 kepadatan pengunjung merata antara hari weekdays dan weekends yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu. Tidak terlihat kepadatan berlebihan pada hari-hari weekends, sehingga kenyamanan pengunjung dapat tetap terjaga.

GIIAS 2018 menetapkan tiket yang harganya lebih tinggi pada hari weekends, untuk mendorong pengunjung untuk datang pada hari weekdays, formula yang ditetapkan GAIKINDO ini demi memberikan benefit untuk para pengunjung. “Target pemerataan pengunjung pada weekdays dan weekends yang kami canangkan berhasil, tercatat penurunan angka pengunjung pada weekends, namun pada weekdays, kami mencatat kenaikan pengunjung sebanyak 15-20%, tersebar disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2018, untuk GAIKINDO hal tersebut sangat membahagiakan,” Ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Berkenaan dengan kenaikan harga tiket, Ia menegaskan bahwa pihaknya juga mempersiapkan berbagai promo dan kebijakan. Seperti kebijakan free entry untuk anak-anak hingga usia 7 tahun atau dengan tinggi badan hingga 120cm. Sebelumnya, anak berusia 2 tahun keatas diharuskan memiliki tiket masuk. Sedangkan lansia berusia diatas 65 tahun, dibebaskan dari tiket masuk.

Selanjutnya Nangoi juga mengungkapkan tanggapan postif dari para pengunjung atas beberapa program yang dijalankan GIIAS 2018 pada saat weekdays, mulai dari promo potongan harga tiket, parkir gratis, promo buy 3 tickets get 1 free entry, hingga promo potongan harga dibooth merchandise. “Kami harap pengunjung benar-benar menikmati benefit lebih dari program weekdays yang kami jalankan pada tahun ini.” tutur Nangoi. Berbagai promo pada hari weekdays ini menurutnya, menjadi salah satu daya tarik pengunjung, hingga pada akhirnya tujuan GAIKINDO memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung.

Lebih lanjut Nangoi juga menyinggung mengapa sejak tahun lalu GIIAS tidak mempublikasikan detil pengunjung dan transaksi. Hal ini dikarenakan GIIAS bertujuan sebagai ajang yang memberikan informasi tentang perkembangan terkini dari industri otomotif Indonesia kepada masyarakat. Baik itu produk atau teknologi terbaru, dan GAIKINDO ingin publikasi GIIAS juga menuju arah yang sama. Maka sejak penyelenggaraan GIIAS ditahun lalu untuk GAIKINDO angka pengunjung maupun transaksi bukan merupakan tolak ukur keberhasilan sebuah pameran,

“Kenyamanan pengunjung menjadi kepedulian utama GAIKINDO. Dan kami lihat selama penyelenggaraan GIIAS 2018 pengunjung tetap terus memadati area pameran sejak pagi hingga malam dalam suasana yang lebih nyaman.” jelasnya.

Meskipun Nangoi tidak memungkiri bahwa transaksi juga terjadi sepanjang pelaksanaan GIIAS 2018, namun bukan merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan pameran.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak