Jokowi Nunggu Bandara dan Jalan Tol Jadi untuk Ngantor di IKN, ASN Bertahap

Kamis, 29 Februari 2024 - 21:34 WIB
loading...
Jokowi Nunggu Bandara dan Jalan Tol Jadi untuk Ngantor di IKN, ASN Bertahap
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berencana untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) segera setelah infrastruktur pendukung transportasi di sana selesai dibangun. Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berencana untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) segera setelah infrastruktur pendukung transportasi di sana selesai dibangun. Adapun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono disebutkan akan berkantor di IKN mulai pertengahan 2024.

"Pak Basuki Juni, Juli. Saya nunggu airport-nya jadi, jalan tolnya jadi. Kalau jalan tolnya jadi, airport-nya jadi (berkantor di sini)," kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

Di kesempatan yang sama, Jokowi meninjau langsung lapangan upacara berikut Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Peninjauan dilakukan antara lain untuk mengecek kesiapan pelaksanaan Upacara Peringatan ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.



Menurut Jokowi, hingga saat ini tidak ada masalah berarti yang berkaitan dengan pembangunan fisik infrastruktur tersebut di IKN. Tak hanya itu, dia juga memastikan bahwa acara tersebut sudah dirancang secara detail.

"Enggak ada masalah. Fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini, kemudian acara juga sudah dirancang, kapasitas berapa, acaranya apa, sudah sedetail itu sudah di bulan Januari sudah hampir final," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN, Jokowi menyebut bahwa pemindahan akan dilakukan secara bertahap seiring dengan penyiapan fasilitas pendukung bagi ASN.

"Misalnya, perumahan yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya. Sehingga semua ini harus mengelola, manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan," jelasnya.

Jokowi pun menyampaikan optimismenya bahwa IKN akan menjadi kota yang hidup dalam satu dekade ke depan. "Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh masyarakat kita," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)