Fitur Ini Bikin Nomor WhatsApp Anda Sulit Dibajak Hacker, Ayo Segera Lakukan!

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 08:44 WIB
loading...
Fitur Ini Bikin Nomor WhatsApp Anda Sulit Dibajak Hacker, Ayo Segera Lakukan!
Untuk menangkal hacker atau peretas, pengguna WhatsApp bisa menggunakan fitur verifikasi dua langkah pada akunnya. Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang memberikan keamanan tambahan pada akun. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peretasan nomer WhatsApp bisa terjadi kepada siapapun. Untuk itu perlu ada proteksi keamanan lebih pada akun Anda agar tidak ada tangan-tangan jahil yang mencoba mengambil alih akun WhatsApp . (Baca juga: Hati-Hati! Nomor WhatsApp Pemred SINDO Media Dibajak )

Untuk menangkalnya, pengguna WhatsApp bisa menggunakan fitur verifikasi dua langkah. Verifikasi dua langkah adalah fitur opsional yang memberikan keamanan tambahan pada akun Anda.

Ketika pengguna mengaktifkan verifikasi dua langkah, setiap upaya untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp harus disertai dengan PIN enam digit yang dibuat dengan menggunakan fitur ini.

Dikutip dari blog resmi WhatsApp, Jumat (14/8/2020), untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah cukup mudah, buka WhatsApp > Setelan/Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur ini, pengguna juga memiliki opsi untuk memasukkan alamat email. Alamat email ini akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi sang pemilik akun tautan via email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika suatu saat pengguna lupa PIN enam digit, dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun.

Pihak WhatsApp tidak memverifikasi alamat email ini benar atau tidak. Untuk itu, WhatsApp sangat merekomendasikan Anda untuk memberikan alamat email yang akurat sehingga akun tidak akan terkunci jika Anda lupa PIN.

Perlu dicatat, jika pengguna menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tetapi tidak memintanya, mohon jangan mengklik tautan tersebut. Seseorang di luar sana kemungkinanan sedang mencoba untuk memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp.

Jika verifikasi dua langkah Anda diaktifkan, nomor telepon Anda tidak akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak WhatsApp terakhir digunakan tanpa PIN.

Jadi, jika pengguna lupa PIN, tetapi sebelumnya tidak memberikan email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, Anda tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang di WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp.

Setelah 7 hari, nomor telepon Anda akan diizinkan untuk diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN, tetapi Anda akan kehilangan semua pesan tertunda yang masuk setelah memverifikasi ulang -pesan tersebut akan dihapus. (Baca juga: 3 Kendaraan Besar Tabrakan, 2 Orang Tewas di Cipularang )

Jika nomor Anda diverifikasi ulang di WhatsApp tanpa PIN setelah 30 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp, akun Anda akan dihapus dan akun baru akan dibuat setelah verifikasi ulang sukses dilakukan.

Selamat mencoba!
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0167 seconds (0.1#10.140)