alexametrics

Ditunggangi Jokowi, Inilah Detail Lengkap Yamaha FZ1

loading...
Ditunggangi Jokowi, Inilah Detail Lengkap Yamaha FZ1
Yamaha FZ1. FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Yamaha FZ1 dipakai Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat pembukaan Asian Games 2018. Yamaha FZ1 sejatinya sangat dekat dengan Jokowi pasalnya motor ini pasti berada di garis depan dan belakang rombongan iringan-iringan Jokowi saat melintasi jalan.

Yamaha FZ1 dimasukkan ke dalam jajaran motor pengawalan presiden sejak 2010 lalu, sebagai langkah penyelamatan untuk bisa melibas kepadatan jalanan ibukota. FZ1 ditampilkan sebagai sepeda motor yang mengusung konsep streetfighter, dan merupakan versi polos/naked dari Yamaha YZF-R1 yang sama-sama  mengantongi kapasitas mesin yang sama, perbedaannya antara keduanya terletak pada bentuk dan penerapan teknologi DOHC. BACA: Motor-Motor Khusus Pelindung Jokowi

Seperti dilansir Roadsmile, Yamaha FZ1 merupakan motor jalan raya yang diproduksi sejak 2001 silam. Generasi 1 dari FZ1 disebut juga dengan FZS1000 Frazer di pasaran Eropa. Rangkanya berbahan besi dengan model tubular, dan mesinnya hasil modifikasi dari Yamaha YZF-R1 yang masih menggunakan karburator. Sementara untuk model keluaran 2005, sudah disematkan catalytic converter.

FZ1 mencangkok mesin berkapasitas 998 cc, empat silinder segaris, liquid-cooled, 20 katup, DOHC. Untuk pengapiannya menggunakan Digital TCI (Transistor Controlled Ignition) dengan ECU 32-bit.

Menggunaan transmisi manual 6-percepatan, FZ1 mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk, dengan torsi maksimalnya mencapai 106 Nm. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup irit untuk motor bermesin gambot, di mana konsumsinya 6,72 liter untuk jarak tempuh 100 km.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak