Mitsubishi Sukses Ubah Citra sebagai Produsen Mobil Komersial

Kamis, 23 Agustus 2018 - 12:38 WIB
Mitsubishi Sukses Ubah Citra sebagai Produsen Mobil Komersial
Mitsubishi Sukses Ubah Citra sebagai Produsen Mobil Komersial
A A A
MITSUBISHI terbilang mulus mengubah citranya di masyarakat yang menganggap mereka sebagai produsen mobil komersial ketimbang mobil penumpang. Apa yang menyebabkan Mitsubishi berhasil melakukannya?

Masih ingat dengan tagline “Brand New Day” milik Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada dua tahun lalu? Saat itu tagline tersebut digagas guna menunjukkan kesiapan Mitsubishi yang ingin bertransformasi citranya dari produsen mobil komersial menjadi produsen mobil penumpang.

Saat itu, ada kekhawatiran masyarakat lebih mengenal kendaraan komersial milik Mitsubishi Fuso dibandingkan mobil penumpang buatan mereka. Berbekal tagline tersebut, MMKSI akhirnya merilis low MPV kebanggaan mereka, Mitsubishi Xpander, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS ) 2017 .

Hasilnya luar biasa, Mitsubishi Xpander menjadi sensasi paling mengejutkan pasar automotif Indonesia. Jumlah pemesanannya mencapai puluhan ribu dan daftar inden mengular panjang. Setelahnya di GIIAS 2018 , MMKSI mengikuti instruksi Mitsubishi Motors Corp untuk mengampanyekan tagline global mereka,

“Drive Your Ambition”. Sekali lagi Mitsubishi Xpander masih jadi andalan dan tanpa kesulitan berarti Mitsubishi bisa mengubah persepsi masyarakat dari kuat di mobil komersial ke mobil penumpang.

“Kami memang dulunya sangat dikenal di mobil komersial dan sport car . Sekarang kami juga sangat surprise peralihan citranya begitu cepat,” ujar Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group MMKSI.

Imam mengatakan, perubahan yang sangat cepat tersebut terjadi karena produk yang ditawarkan Mitsubishi, Mitsubishi Xpander, memiliki kualitas yang sangat tinggi. Kualitas tersebut akhirnya direspons dengan baik oleh masyarakat.

Tingginya respons tersebut bahkan mengerek Indonesia ke posisi i nomor satu dalam kelompok 10 besar pasar global Mitsubishi Motors pada semester pertama tahun kalender 2018.

Informasi tersebut dirilis Mitsubishi Motors dalam laman resmi pabrikan asal Jepang tersebut. Laman Mitsubishi-Motors.Com menyebutkan, pasar Indonesia berada di peringkat satu, mengungguli pasar China, Amerika Serikat, Jepang, dan Australia yang masing-masing berada di kelompok lima besar pertama.

Adapun kelompok lima besar kedua terdiri dari Thailand, Filipina, Jerman, Rusia, dan Inggris. “Kami dipuji oleh Mitsubishi global atas capaian tersebut dan hal ini membuat kami sangat bangga,” ujar Imam.

Dia juga melanjutkan upaya Mitsubishi untuk terus mem pertahan kan citra baru tersebut terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar acara Xpander Tons of Real Happiness di 9 kota besar di Indonesia.

Mereka juga terus aktif dalam berbagai kegiatan pameran automotif yang digelar di berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk GIIAS Makassar 2018 yang digelar pada 21-26 Agustus ini.

Memanfaatkan booth pameran seluas 272 meter persegi, Mitsubishi menampilkan varian baru Xpander, Sport MT, dan GLS A/T, serta edisi terbatas Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition di pameran yang diselenggarakan di Celebes Convention Center, Makassar, Sulawesi Selatan.

Diketahui, sejak diluncurkan Agustus 2017, total penjualan Xpander di Sulawesi Selatan mencapai 3.220 unit. Berkontribusi 23 persen terhadap total penjualan LMPV di Makassar. “Permintaan Xpander masih besar di Makassar, inden mencapai tiga bulan maksimal, jadi kami harap konsumen tetap bersabar,” kata Imam.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1003 seconds (0.1#10.140)