Waspada! Nama Pj Gubernur Sulsel Dicatut Bantuan Hibah Masjid

Senin, 04 Maret 2024 - 16:49 WIB
loading...
Waspada! Nama Pj Gubernur Sulsel Dicatut Bantuan Hibah Masjid
Nama Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, dicatut oleh oknum tidak bertanggungjawab dengan modus pemberian bantuan dana hibah masjid. Foto/MPI/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Nama Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, dicatut oleh oknum tidak bertanggungjawab dengan modus pemberian bantuan dana hibah masjid.

Masyarakat pun diimbau agar berhati-hati dan mewaspadai penipuan dengan modus pemberian bantuan dana hibah masjid, yang mengatasnamakan Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin.



"Hati-hati jika ada yang menghubungi via WhatsApp atau telepon, mengatasnamakan Bapak Gubernur untuk memberikan bantuan. Karena ada yang mencatut nama Bapak Gubernur, dengan nomor kontak +62 821 4347 8406, dengan modus menawarkan bantuan dana hibah masjid," kata Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel, Andi Winarno Eka Putra, Senin, (4/3/2024).

Dalam salah satu tangkapan layar percakapan yang diterima Diskominfo SP Sulsel, oknum yang mengatasnamakan Pj Gubernur Bahtiar menanyakan kepada pengurus masjid terkait apakah mendapat bantuan dari Pemkab atau Pemkot di tahun 2023.

Kemudian menyampaikan terdapat dana hibah dari Pemprov yang akan diberikan beberapa tahap.

"Jadi ini jelas-jelas hoaks, penipuan yang mencatut nama Bapak Gubernur. Masyarakat harus berhati-hati," imbaunya.



Tindak penipuan atas nama pejabat tersebut, kata Winarno, merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab sehingga Pemprov Sulsel meminta masyarakat untuk tidak menghiraukan jika mendapatkan pesan dengan modus meminta dana, menjanjikan sesuatu atau lainnya yang dapat merugikan masyarakat.

"Karena ini modus penipuan, agar masyarakat tidak percaya. Jadi kami memohon masyarakat untuk tidak menggubris jika ada yang mengatasnamakan Pj Gubernur. Segera melapor kepada pihak berwajib jika dihubungi nomor tersebut atau nomor lainnya," katanya.

Diketahui, kejahatan digital untuk menjebak atau menipu korbannya dengan skimming akhir-akhir ini membuat resah masyarakat dengan beredarnya modus penipuan yang mencatut nama sejumlah pejabat.

Penipu menggunakan aplikasi pada berbagai platform, termasuk dengan jejaring media sosial (medsos), seperti WhatsApp (WA), Facebook, Instagram, dan lainnya. Diantaranya dengan menggunakan foto pejabat untuk kemudian berkomunikasi dengan calon korban.

Pada kasus ini, oknum menggunakan nomor 0821 4347 8406, dan foto profil saat Pj Gubernur Sulsel sedang memberikan sambutan atau pidato di atas podium. Setelah ditelusuri melalui aplikasi Get Contact tersave dengan nama "Penipu Atas Nama Pejabat".
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)