Suzuki Angkat Kaki Dari China

Kamis, 06 September 2018 - 15:09 WIB
Suzuki Angkat Kaki Dari China
Suzuki Angkat Kaki Dari China
A A A
BEIJING - Permintaan menurun drastis, Suzuki akhirnya harus angkat kaki dari China, padahal seperti diketahui China adalah pasar automotif terbesar di dunia.

Perubahan cepat yang melanda semua segmen kendaraan di China terlihat mendorong Suzuki keluar dari pasar otomotif terbesar dunia.

Seperti dilansir dari Blomberg dan Automobile Suzuki baru-baru ini melaporkan bahwa mereka telah mengalihkan semua ekuitasnya sebesar 50 persen di Chongqing Changan Suzuki ke Changan Automobile setelah proses hukum selesai.

Walaupun demikian adanya, namun Changan akan terus membuat dan menjual mobil bermerek Suzuki di China, dengan berpegang pada lisensi yang diberikan prinsipal Jepang.

Di sisi lain, sebelumnya langkah yang cukup kontroversial ini pernah diambil Suzuki ketika keluar dari pasar mobil Amerika Serikat, pada 2012 setelah tiga dekade di sana. Di China sendiri Suzuki sudah eksis selama seperempat abad.

“Kurang lebih 25 tahun yang lalu, kami meluncurkan Alto di China, dan sejak itu kami melakukan upaya mengembangkan pasar China. Namun, karena perubahan selera konsumen yang lebih menyenangkan daripada mobil besar, Suzuki memutuskan untuk memindahkan semua ekuitasnya. kami memutuskan mentransfer semua ekuitas ke Changan Automobile,” ujar Suzuki Chairman, Osamu Suzuki seperti dilansir dari Asia Nikkei, Kamis (6/9/2018).

Untuk memastikan kelancaran transisi, manajemen Changan Suzuki akan terus 100 persen dimiliki oleh anak perusahaan Changan Automotive dan presiden yang dikirim oleh Suzuki perlu mengundurkan diri.

Namun, Suzuki akan terus memberikan lisensi produksi dan penjualan yang melibatkan model Suzuki ke Changan Suzuki. Transfer ekuitas juga diduga tidak berpengaruh pada kinerja keuangan perusahaan tahun ini.

Secara global, Suzuki memiliki rencana untuk meningkatkan penjualan di pasar India menjadi 5 juta unit per tahun pada 2030.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9997 seconds (0.1#10.140)