alexametrics

PostgreSQL 11 Menggebrak Database Open Source Dunia

loading...
PostgreSQL 11 Menggebrak Database Open Source Dunia
PostgreSQL 11 merupakan peluncuran besar pertama sejak versi 10 tahun lalu dan mengikuti skema penamaan format x.y seperti pendahulunya. Foto/Muh Iqbal M/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PostgreSQL Global Development Group hari ini mengumumkan peluncuran PostgreSQL 11, versi terbaru dari software database open source tercanggih di dunia. PostgreSQL 11 merupakan peluncuran besar pertama sejak versi 10 tahun lalu dan mengikuti skema penamaan format “x.y” seperti pendahulunya.

Artinya, peluncuran minor PostgreSQL berikutnya adalah 11.1 yang diikuti peluncuran besar berikutnya yakni versi 12. PostgreSQL 11 menghadirkan peningkatan kinerja RDMS (Relational Database Management System) secara keseluruhan melalui peningkatan fitur yang terkait dengan basis data berukuran besar dan beban komputasi tinggi.

PostgreSQL 11 menghadirkan peningkatan signifikan pada sistem partisi tabel, menambahkan dukungan prosedur tersimpan berkemampuan manajemen transaksional, meningkatkan query paralel dan menambahkan kemampuan definisi data paralel, serta memperkenalkan kompilasi Just-in-Time (JIT) kode SQL.
 
Tabel Partisi Kian Mature
Peningkatan fitur partisi tabel pada PostgreSQL 11 memungkinkan akses data lebih cepat. Sebab PostgreSQL tidak perlu mencari data di setiap partisi dengan cara menghilangkan partisi tabel yang tidak berisi data yang diperlukan.

Hasilnya, performa manajemen sistem database relasional yang lebih cepat berkat peningkatan kecepatan akses data berukuran besar. Performa PostgreSQL 11 juga kian ditingkatkan berkat fitur kompilasi Just-in-Time (JIT) yang mempercepat eksekusi ekspresi dalam query.



PostgreSQL 11 menambahkan kemampuan mempartisi data dengan kunci hash, juga dikenal sebagai hash partitioning, menambah kemampuan yang ada saat ini untuk mempartisi data di PostgreSQL. "Software ini meningkatkan lebih lanjut kemampuan federasi dengan peningkatan fungsi untuk partisi yang digunakan fitur Foreign Data Wrapper/FDW," ucap Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions di Jakarta, Jumat (7/9/2018).
 
Untuk membantu mengelola partisi, PostgreSQL 11 memperkenalkan partisi "Catch-All" untuk menampung data yang tidak sesuai dengan kunci partisi, dan kemampuan untuk membuat Primary Key, Foreign Key, Indeks, dan pemicu pada partisi yang diwariskan ke semua tabel. PostgreSQL 11 juga mendukung baris yang bergerak secara otomatis ke partisi yang benar jika kunci partisi untuk baris itu diperbarui.
 
Dengan beberapa kemampuan mendukung partisi yang lebih dinamis dan fleksibel, PostgreSQL semakin menjadi satu-satunya database pilihan Enterprise dalam mengelola beban besar.  
 
Pembuatan fungsi yang ditentukan oleh pengguna sudah bisa dilakukan di PostgreSQL selama lebih dari 20 tahun, tetapi sebelum versi 11, fungsi-fungsi tersebut tidak dapat dikelola oleh transaksi.

Nah PostgreSQL 11 menambahkan prosedur SQL yang dapat bekerja penuh melakukan manajemen transaksi dalam tubuh fungsi, memungkinkan pengembang membuat aplikasi server yang lebih canggih.
 
Aplikasi juga mendongkrak kinerja query paralel berkat peningkatan kinerja pemindaian sekuensial paralel dan hash yang digabungkan dengan pemindaian partisi data secara lebih efisien.

PostgreSQL 11 juga menambahkan paralelisme untuk beberapa perintah definisi data, terutama untuk pembuatan indeks B-tree. Tidak kalah menarik, PostgreSQL 11 memperkenalkan dukungan kompilasi Just-in-Time (JIT) untuk mempercepat eksekusi query dengan ekspresi tertentu.

Kompilasi ekspresi JIT untuk PostgreSQL menggunakan LLVM guna mempercepat eksekusi ekspresi dalam klausa WHERE, daftar target, agregat, proyeksi, dan beberapa operasi internal.
 
Equnix dan Misi Penyelamatan
PT Equnix Business Solutions (Equnix) yang merupakan perusahaan solusi TI berbasis software Open Source menawarkan solusi untuk menyelamatkan korporasi.

Seperti pada versi sebelumnya, implementasi PostgreSQL11 merupakan sebuah “misi penyelamatan” terhadap kebutuhan akan sistem manajemen database yang mumpuni dan berperforma tinggi serta mampu menangani beban produksi masif. Equnix dengan semangat Open Source selalu berusaha mengemban misi tersebut untuk membantu perusahaan-perusahaan profesional, khususnya di dunia perbankan, finansial, dan industri. “PostgreSQL 11 menawarkan peningkatan performa dan jajaran fitur baru yang kian menguntungkan bagi perusahaan,” kata Julyanto Sutandang.

Dikatakannya, PostgreSQL 11 menghadirkan gebrakan melalui jajaran fitur-fitur canggih terbarunya yang tidak hanya menawarkan performa tinggi, tapi juga mampu bersaing dengan solusi software database berbayar.
 
Implementor PostgreSQL sejak versi 8.4 dengan berbagai layanan yang diberikan seperti: instalasi, konfigurasi untuk performa tinggi, dan migrasi dari RDBMS lain ke PostgreSQL, Equnix selalu berusaha mengedepankan solusi yang efektif dan tepat.

"Sebagai sebuah RDBMS yang sudah sangat matang, fitur-fitur PostgreSQL menjadi senjata utama dalam menciptakan sebuah infrastruktur yang kuat untuk menjamin keutuhan data saat melayani beban transaksi yang tinggi," pungkasnya.
(mim)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak