Nasib Awak Kapal yang Ditahan Houthi di Yaman Ada di Tangan Hamas

Jum'at, 08 Maret 2024 - 20:15 WIB
loading...
Nasib Awak Kapal yang Ditahan Houthi di Yaman Ada di Tangan Hamas
Kelompok Houthi di Yaman terus berkomunikasi dengan Brigade Al-Qassam Hamas. Foto/palestine chronicle
A A A
SANAA - Ansarallah atau Houthi telah mengirimkan pesan kepada Brigade Al-Qassam untuk meminta pendapat mereka mengenai negosiasi pembebasan awak kapal yang ditahan.

Seorang pemimpin Brigade Al-Qassam, sayap militer Gerakan Perlawanan Palestina Hamas mengatakan kepada Al-Jazeera pada Kamis (7/3/2024) bahwa Angkatan Bersenjata Yaman yang berafiliasi dengan Houthi, terus berkoordinasi dengan Perlawanan Palestina.

Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan Houthi telah mengatakan kepada Hamas bahwa eskalasi yang terjadi baru-baru ini di Laut Merah adalah akibat langsung dari ancaman Israel menyerang kota Rafah di Jalur Gaza selatan, serta kelanjutan dari kebijakan kelaparan oleh Tel Aviv di Gaza.

Pemimpin Al-Qassam juga mengatakan Houthi telah mengirimkan pesan kepada Brigade untuk meminta pendapat mereka mengenai negosiasi pembebasan awak kapal yang ditahan.

Houthi dilaporkan menyatakan keputusan apa pun mengenai kapal yang ditahan dan awaknya sepenuhnya merupakan kebijaksanaan Al-Qassam, menurut sumber tersebut.

Kelompok Houthi Yaman juga memberi tahu Brigade Al-Qassam bahwa mereka akan melanjutkan pertempuran di Laut Merah sampai genosida oleh Israel di Gaza berakhir dan pengepungan dicabut.

Mengutip sumber tersebut, Al-Jazeera melaporkan komunikasi dan koordinasi antara Brigade Al-Qassam dan front pertempuran di Lebanon, Yaman, dan Irak tetap tidak terputus sejak jam-jam pertama operasi Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober.



Selain itu, sumber tersebut mengindikasikan Washington telah mencoba, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui mediator, untuk menghentikan pertempuran di setiap front secara terpisah.

“Namun, semua upaya AS ditolak dan semua lini tidak akan menghentikan pertempuran sampai agresi di Gaza berakhir,” ungkap sumber tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)