Tunjuk Penggantinya, Ini Surat Curhat Jack Ma untuk Konsumen

Senin, 10 September 2018 - 13:11 WIB
Tunjuk Penggantinya, Ini Surat Curhat Jack Ma untuk Konsumen
Tunjuk Penggantinya, Ini Surat Curhat Jack Ma untuk Konsumen
A A A
BEIJING - Salah satu pendiri dan pimpinan eksekutif Alibaba, Jack Ma (54), hari ini secara resmi mengumumkan melepaskan perannya sebagai ketua eksekutif di Alibaba Group Holding Ltd. Alasannya, dia ingin kembali ke dunia pendidikan yang disukai dan membuatnya sangat bahagia.

Sebelumnya Jack Ma secara mengejutkan menyatakan pensiun dengan mengatakan, keputusannya mundur merupakan hal bijaksana setelah membangun perusahaan selama 10 tahun terakhir. Dia mengucapkan berterima kasih kepada para mitra dan dewan direksi Alibaba atas persetujuan mundurnya. Perusahaan kini bergantung pada mekanisme organisasi dan mengandalkan pada budaya bakat.

Jack Ma melepaskan posisinya sekarang kepada Zhang Yong, CEO Alibaba Group sekarang. Tetapi akan terus menjadi ketua hingga September 2019 untuk memastikan transisi kekuasaan yang lancar, serta terus melayani sebagai anggota Dewan Grup Alibaba hingga Rapat Umum Tahunan Alibaba 2020.

Terkait kemundurannya sebagai pucuk pimpinan AliBaba Group, Alibaba pun mengirimkan surat "cinta" kepada para pelanggan dan pemegang saham perusahaan. Berikut surat yang ditulis oleh Jack Ma seperti yang dilaporkan laman Giz China, Senin (10/9/2018).

Pelanggan Alibaba yang terhormat, Aliren, dan pemegang saham,
Hari ini, saat Alibaba berulang tahun ke-19, saya senang untuk berbagi berita dengan Anda:
dengan persetujuan dewan direksi kami, satu tahun mulai hari ini pada 10 September 2019 yang juga jatuh pada ulang tahun ke-20 Alibaba, CEO Grup Daniel Zhang akan menggantikan saya sebagai Ketua Dewan Alibaba Group. Sambil tetap menjadi ketua eksekutif dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja sama dengan Daniel untuk memastikan transisi yang lancar dan sukses. Setelah itu, saya akan tetap berada di dewan direksi Alibaba hingga pertemuan pemegang saham tahunan kami pada 2020.

Saya telah menaruh banyak pemikiran dan persiapan ke dalam rencana suksesi ini selama 10 tahun. Saya senang mengumumkan rencana hari ini berkat dukungan dari Alibaba Partnership dan dewan direksi. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih khusus kepada semua rekan Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan usaha bersama kami selama 19 tahun terakhir telah mempersiapkan kami untuk hari ini dengan keyakinan dan kekuatan.

Transisi ini menunjukkan bahwa Alibaba telah melangkah ke tingkat berikutnya tata kelola perusahaan dari perusahaan yang bergantung pada individu, yang dibangun di atas sistem keunggulan organisasi dan budaya pengembangan bakat.

Ketika Alibaba didirikan pada 1999, tujuan kami adalah membangun sebuah perusahaan yang dapat membuat China dan dunia bangga, dan yang dapat melintasi tiga abad hingga 102 tahun terakhir. Namun, kita semua tahu bahwa tidak ada yang dapat bertahan dengan perusahaan selama 102 tahun. Alibaba yang berkelanjutan harus dibangun berdasarkan tata kelola yang baik, filosofi budaya-sentris, dan konsistensi dalam mengembangkan bakat. Tidak ada perusahaan yang dapat sepenuhnya mengandalkan para pendirinya. Dari semua orang, saya harus tahu itu. Karena keterbatasan fisik pada kemampuan dan energi seseorang, tidak ada yang dapat menanggung tanggung jawab ketua dan CEO selamanya.

Kami bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini 10 tahun lalu - bagaimana Alibaba dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan setelah Jack Ma meninggalkan perusahaan? Kami percaya satu-satunya cara untuk memecahkan masalah suksesi kepemimpinan perusahaan adalah mengembangkan sistem pemerintahan berdasarkan budaya dan mekanisme yang unik untuk mengembangkan bakat dan penerus yang konsisten. Selama 10 tahun terakhir, kami terus mengerjakan bahan-bahan ini.

Setelah dilatih sebagai guru, saya merasa sangat bangga dengan apa yang telah saya capai. Guru selalu ingin murid-muridnya melampauinya, jadi hal yang bertanggung jawab untuk saya dan perusahaan harus lakukan adalah membiarkan yang lebih muda, orang-orang yang lebih berbakat mengambil alih peran kepemimpinan sehingga mereka mewarisi misi kami “untuk memudahkan melakukan bisnis di mana saja". Menjalankan misi ini untuk membantu usaha kecil, orang muda, dan wanita di seluruh dunia adalah gairah saya. Ini bukan hanya niat kami sejak hari pertama tetapi saya merasa diberkati untuk memiliki kesempatan ini. Untuk mewujudkan impian di balik misi ini membutuhkan partisipasi oleh lebih banyak orang daripada hanya Jack Ma dan upaya gigih dari generasi ke generasi Aliren.

Alibaba luar biasa bukan karena bisnis atau skala atau pencapaian kami. Hal terbaik tentang Alibaba adalah kita datang bersama di bawah misi dan visi bersama. Sistem kemitraan kami, budaya yang unik dan tim yang berbakat telah meletakkan fondasi yang kuat untuk warisan perusahaan kami. Bahkan, sejak saya menyerahkan tanggung jawab CEO pada tahun 2013, perusahaan telah berjalan dengan lancar selama lima tahun di belakang bahan-bahan institusional ini.

Sistem kemitraan yang kami kembangkan adalah solusi kreatif untuk tata kelola yang baik dan keberlanjutan, karena mengatasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh perusahaan skala: inovasi yang berkelanjutan, suksesi kepemimpinan, akuntabilitas dan kesinambungan budaya. Selama bertahun-tahun, dalam mengulangi model manajemen kami, kami telah bereksperimen dengan dan meningkatkan keseimbangan yang tepat antara sistem dan individu. Cukup mengandalkan individu atau secara buta mengikuti sistem tidak akan menyelesaikan masalah kita. Untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang, Anda memerlukan keseimbangan yang tepat di antara sistem, orang, dan budaya. Saya memiliki keyakinan penuh bahwa sistem kemitraan kami dan upaya untuk menjaga budaya kami pada waktunya akan memenangkan cinta dan dukungan dari pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.

Sejak berdirinya perusahaan pada tahun 1999, kami telah berpandangan bahwa masa depan Alibaba akan perlu bergantung pada “kumpulan bakat” untuk memungkinkan kami mengulangi rencana suksesi manajemen kami. Setelah bertahun-tahun bekerja keras, Alibaba saat ini memiliki kumpulan bakat kelas dunia dalam kualitas dan kuantitas. Guru di saya merasa sangat bangga dengan tim kami, kepemimpinan kami, dan budaya unik yang digerakkan oleh misi kami, serta fakta bahwa kami terus mengembangkan pemimpin bisnis yang luar biasa dan bakat profesional seperti Daniel Zhang.

Daniel telah bergabung dengan Alibaba Group selama 11 tahun terakhir. Sejak dia mengambil alih posisi CEO, Daniel telah menunjukkan bakat yang luar biasa, ketajaman bisnis dan kepemimpinan teguh. Di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah melihat pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut. Pikiran analitisnya tak tertandingi, dia memegang teguh misi dan visi kami, "memeluk" tanggung jawab dengan semangat, dan punya keberanian untuk berinovasi dan menguji model bisnis kreatif. Sudah sepatutnya, media berita bisnis China memberinya nama CEO No 1 pada tahun 2018. Karena alasan ini, dia dan timnya telah memenangkan kepercayaan dan dukungan pelanggan, karyawan, dan pemegang saham. Memulai proses meneruskan obor Alibaba kepada Daniel dan timnya adalah keputusan yang tepat pada saat yang tepat, karena saya tahu dari bekerja dengan mereka bahwa mereka siap, dan saya memiliki keyakinan penuh pada generasi pemimpin kita berikutnya.

Seperti untuk diri sendiri, saya masih memiliki banyak impian untuk dikejar. Mereka yang mengenal saya tahu bahwa saya tidak suka duduk diam. Saya berencana melanjutkan peran saya sebagai mitra pendiri dalam Alibaba Partnership dan berkontribusi pada kerja kemitraan. Saya juga ingin kembali ke pendidikan, yang membuat saya bergairah dengan begitu banyak berkat karena inilah yang saya sukai. Dunia ini besar, dan saya masih muda, jadi saya ingin mencoba hal-hal baru.

Satu hal yang saya dapat menjanjikan semua orang adalah ini: Alibaba tidak pernah tentang Jack Ma, tetapi Jack Ma selamanya akan menjadi milik Alibaba.


Jack Ma
10 September 2018
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1038 seconds (0.1#10.140)