Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah saat Puasa Ramadan

Selasa, 12 Maret 2024 - 13:50 WIB
loading...
Tips Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah saat Puasa Ramadan
Salah satu faktor penyebab bibir kering saat puasa adalah minimnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Foto/ everydayhealth.
A A A
JAKARTA - Salah satu faktor penyebab bibir kering di bulan suci Ramadan karena minimnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Jika didiamkan terlalu lama, maka kulit bibir Anda bisa jadi pecah-pecah.

Bibir yang pecah-pecah bisa menimbulkan luka hingga berdarah. Tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa.



Menurut dr. Muhammad Rahmatullah atau yang akrab disapa dr. Metz, mengonsumsi makanan tinggi antioksidan dan tinggi kadar air, seperti sayuran dan buah-buahan bisa membantu mengatasi bibir kering.

“Pilihlah sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, jeruk, stroberi dan buah lain yang mengandung vitamin C dan E, karena itu yang dapat melembabkan pada kulit anda dan juga pada bibir,” kata dr. Metz dilansir dari kanal Youtube ‘dokter Metz’, Selasa (12/3/2024).

Anda bisa memilih sayur dan buah dengan kandungan vitamin C dan E yang tinggi seperti jeruk, semangka, dan berbagai buah lainnya. Namun, kebutuhan air putih setiap harinya pun juga harus diimbangi.

Dr. Metz menyarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih saat bulan puasa. Jika di hari biasa kebutuhan airnya hanya 2,5 liter, maka ketika berpuasa membutuhkan konsumsi air putih kurang lebih 3,5 liter dalam satu hari

“Rata-rata 2,5 liter itu sebenarnya angka kecukupan yang paling minim. Kalau saran saya setidaknya 3,5 liter, emang cukup lumayan tapi itu sudah sangat efektif kita untuk menjaga hidrasi kulit dan hidrasi bibir, karena 70% badan kita terdiri dari air,” jelasnya.

Selain dari makanan, mencegah bibir kering dan pecah-pecah pun bisa dilakukan dengan menghindari kebiasaan menjilat bibir. Jika Anda berpikir bahwa menjilat bibir akan membantu kulit bibir menjadi lebih lembab ternyata hal tersebut tidak benar lho.

Menjilat bibir hanya akan membuat bibir semakin kering. Oleh karenanya lebih baik menghindari kebiasaan tersebut dan rutin melakukan eksfoliasi agar kulit bibir yang kering bisa terangkat dan segar kembali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0842 seconds (0.1#10.140)