Berusia 558 Juta Tahun, Ini Fosil Makhluk Hidup Paling Tua di Dunia

Minggu, 23 September 2018 - 11:21 WIB
Berusia 558 Juta Tahun, Ini Fosil Makhluk Hidup Paling Tua di Dunia
Berusia 558 Juta Tahun, Ini Fosil Makhluk Hidup Paling Tua di Dunia
A A A
CANBERRA - Para ilmuwan mengidentifikasi makhluk misterius berbentuk oval paling tua. Berdasarkan catatan geologis, makhluk misterius tersebut ditaksir berumur 558 tahun.

Peneliti menemukan spesies yang dikenal sebagai Dickinsonia itu dan diawetkan dengan baik, sehingga sampai saat sekarang masih mengandung molekuk kolesterol atau lemak. Lemak inilah yang menjadi ciri khas kehidupan bintang.

Dickinsonia memiliki sekelompok bentuk kehidupan yang dikenal sebagai biota Ediacaran. Mereka adalah organisme multisel kompleks pertama yang muncul di Bumi, namun sangat sulit untuk digolongkan. Karena pada siklus kehidupan telah menjadi salah satu misteri terbesar dalam paleontologi.
Berusia 558 Juta Tahun, Ini Fosil Makhluk Hidup Paling Tua di Dunia

Analisis baru dari spesimen yang ditemukan di Rusia itu menempatkan Dickinsonia dengan kuat berada dalam jajaran hewan. Peneliti Australian National University (ANU), Ilya Bobrovskiy, menemukan spesimen Dickinsonia dan organisme terkait yang disebut Andiva di bebatuan.

"Molekul lemak fosil yang kami temukan membuktikan bahwa hewan itu besar dan melimpah 558 juta tahun lalu, jutaan tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya," kata salah seorang penulis Jochen Brocks yang juga seorang profesor di Australian National University seperti dikutip dari laman BBC, Minggu (23/9/2018).

"Fosil lemak sekarang menegaskan Dickinsonia sebagai fosil hewan tertua yang diketahui, memecahkan misteri yang telah berusia puluhan tahun yang telah menjadi cawan suci paleontologi," tutur Brocks.

Biota Ediacaran muncul sekitar 600 juta tahun lalu dan berkembang selama puluhan juta tahun sebelum peristiwa yang disebut ledakan Kambria.

Sementara anggota tim, Ilya Bobrovskiy yang juga dari ANU, mengekstrak dan menganalisis molekul dari dalam fosil. Dia menemukan fosil Dickinsonia mengandung molekul kolesterol yang sangat tinggi -hingga 93%- dibandingkan dengan sedimen sekitarnya, di mana tingkatnya kira-kira 11%.

"Masalah yang harus kami atasi adalah menemukan fosil Dickinsonia yang mempertahankan beberapa bahan organik," tutup Bobrovskiy.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8360 seconds (0.1#10.140)