Rusia Kerjai Pesawat Militer yang Bawa Menhan Inggris

Jum'at, 15 Maret 2024 - 09:23 WIB
loading...
Rusia Kerjai Pesawat Militer yang Bawa Menhan Inggris
Pesawat militer yang membawa Menhan Inggris Grant Shapps mengalami gangguan sinyal saat terbang dekat wilayah Rusia. London klaim gangguan itu adalah ulah Moskow. Foto/Kementerian Pertahanan Inggris
A A A
LONDON - Pesawat militer yang membawa Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris Grant Shapps mengalami gangguan sinyal saat terbang dekat wilayah Rusia. London mengeklaim gangguan itu adalah ulah Moskow.

Pemerintah Inggris, melalui juru bicaranya, mengatakan gangguan GPS terjadi selama sekitar 30 menit ketika Dassault 900LX Falcon Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) terbang ke dekat Kaliningrad pada Rabu.

Menhan Shapps berada di pesawat itu saat terbang pulang dari Polandia tempat dia menyaksikan latihan perang NATO.

Kaliningrad merupakan wilayah Rusia di Laut Baltik, sekitar 1.200 km sebelah barat Moskow.



“Hal ini tidak mengancam keselamatan pesawat dan bukan hal yang aneh jika pesawat mengalami gangguan GPS di dekat Kaliningrad, yang tentu saja merupakan wilayah Rusia,” kata juru bicara tersebut, seperti dilansir The Times, Jumat (15/3/2024).

Sumber pertahanan Inggris mengatakan pesawat tersebut memiliki beberapa sistem navigasi sehingga tidak hanya mengandalkan GPS untuk terbang.

“Tidak ada alasan untuk hal ini dan ini merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab di pihak Rusia,” kata sumber pertahanan tersebut kepada The Sun.

Meski merupakan wilayah Rusia, Kaliningrad terletak di antara dua negara NATO; Polandia dan Lithuania.

Eksklave Rusia itu sangat termiliterisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)