6 Dilema Intervensi Asing di Haiti

Minggu, 17 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
6 Dilema Intervensi Asing di Haiti
Haiti memerlukan intervensi asing dengan kehadiran pasukan multinasional untuk mendukung keamanan. Foto/Reuters
A A A
PORT-AU-PRINCE - Saat Haiti menghadapi krisis kekerasan geng, timbul pertanyaan apakah satuan tugas multinasional akan membantu atau justru merugikan.

Usulan tersebut awalnya memicu keributan. Pada bulan Oktober 2022, Perdana Menteri Haiti saat itu Ariel Henry dan 18 pejabat tinggi meminta masyarakat internasional untuk mengirimkan “angkatan bersenjata khusus” untuk membantu memerangi penyebaran kekerasan geng di Haiti.

Namun Haiti telah berjuang dengan sejarah panjang keterlibatan asing – dan prospek gelombang baru campur tangan luar ditanggapi dengan skeptis.

Saat ini, para ahli mengatakan bahwa opini publik di Haiti sedang berubah, seiring dengan meningkatnya kekerasan dan pemerintahan Haiti yang sudah lemah dan berada di ambang perombakan lagi.

“Pada bulan Oktober 2022, sebagian besar warga Haiti menentang kekuatan internasional,” kata Pierre Esperance, direktur eksekutif Jaringan Pertahanan Hak Asasi Manusia Nasional (RNDDH) Haiti, dilansir Al Jazeera. “Tetapi saat ini sebagian besar warga Haiti akan mendukungnya karena situasinya lebih buruk, dan mereka merasa tidak ada pilihan lain.”

Namun, sejarah keterlibatan internasional di Haiti masih menyisakan bayangan panjang sehingga hal ini terus menjadi topik yang memecah belah – baik di kalangan masyarakat Haiti maupun pihak luar yang mungkin terlibat.

Ketidakstabilan di Haiti memasuki babak baru minggu ini ketika Perdana Menteri Henry – seorang pejabat tidak terpilih yang menjabat sebagai presiden de facto – mengumumkan bahwa ia berencana untuk mengundurkan diri.

Pengumuman ini muncul setelah meningkatnya tekanan internasional, serta ancaman dari geng-geng itu sendiri. Salah satu pemimpin geng paling terkenal di negara itu, Jimmy “Barbecue” Cherizier, mengatakan kepada wartawan bahwa “perang saudara” akan meletus jika Henry yang sangat tidak populer tidak mengundurkan diri.

Seruan bagi kekuatan internasional untuk melakukan intervensi muncul dari situasi yang akut, Esperance dan pakar lainnya mengatakan kepada Al Jazeera.

6 Dilema Intervensi Asing di Haiti

1. Ratusan Ribu Warga Haiti Sudah Mengungsi

6 Dilema Intervensi Asing di Haiti

Foto/Reuters

Kekerasan geng telah memaksa lebih dari 362.000 warga Haiti meninggalkan rumah mereka, sebagian besar di dalam dan sekitar ibu kota Port-au-Prince. PBB memperkirakan setidaknya 34.000 orang di antara mereka telah mengungsi sejak awal tahun ini.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)