China Kirim Penjelajah Pertama ke Mars

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:12 WIB
loading...
China Kirim Penjelajah Pertama ke Mars
Foto/dok
A A A
MARS merupakan salah satu planet dalam tata surya yang menarik untuk menjadi bahan penelitian para astronot. Pasalnya ada kemungkinan Mars sebagai planet layak huni seperti halnya Bumi.

Pada 23 Juli lalu China telah meluncurkan pesawat ruang angkasa pertama kali ke planet Mars dengan misi Tianwen-1 yang bertepatan dengan musim panas tahun ini. Misi ini menjadi salah satu dari tiga misi yang diluncurkan tahun 2020.

Misi Tianwen-1 adalah misi antar planet kedua China, tetapi yang pertama diluncurkan oleh negara itu sendiri. Peluncuran misi antar planet sebelumnya adalah Phobos-Grunt yang berkolaborasi dengan Rusia, tetapi tidak berhasil keluar dari orbit Bumi setelah diluncurkan pada 2011. (Baca: China Tetap Berambisi Jalankan Misi Terbang ke Mars di Bulan Juli)

Tianwen-1 ini diterjemahkan menjadi “pertanyaan ke surga” yang terdiri atas pengorbit, pendarat, dan penjelajah. “Inisangat ambisius karena memiliki misi empat bagian: ada peluncuran, masuk ke dalam orbit, pendaratan, dan penjelajahan di mana setiap langkah harus berjalan dengan benar,” kata konsultan ruang angkasa Laura Forczyk seperti dikutip Newscientist.

Dalam percobaan misi pertama ini semua langkah harus berjalan tepat dan tidak bolah ada sedikit pun kesalahan. Suatu prestasi bagi China jika sukses mendaratkan pesawat ruang angkasa itu karena banyaknya tantangan yang dihadapi.

China Kirim Penjelajah Pertama ke Mars


Banyak program luar angkasa dalam misi ke Mars yang tidak tercapai karena terkenal akan kesulitan mendaratnya di sana. “Tidak ada misi planet yang pernah dilaksanakan dengan cara ini. Jika berhasil, itu akan menandakan terobosan teknis yang sangat besar,” tulis beberapa ilmuwan dalam sebuah artikel di Nature Astronomy.

Jika semuanya berjalan denganbaik, Tianwen-1 akan tiba di Marspada Februari 2021. Pendaratandan penjelajahannya akandilakukan dua atau tiga bulankemudian.

Misi itu akan mengambil gambar dari permukaandan mengukur komposisitanah. Pengamatandilakukan lebih dalamdengan menggunakan radaruntuk struktur bawah tanahMars dan mengamati medanmagnetnya.

Penjelajahan di Mars diperkirakan akan bertahan sekitar 90 hari karena lingkungan dan medan yang keras. Namun para astronom berharap misi Tianwen-1 berhasil mendapatkan gambaran secara jelas tentang struktur tanah dan medan magnet Mars. (Baca juga: Turki-Yunani Memnas, Ini Perbandingan Kekuatan Militernya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)