PUSPIPTEK-Sinar Mas Land Bangun GIPTI Jadi Silicon Valley di BSD

Kamis, 04 Oktober 2018 - 19:37 WIB
PUSPIPTEK-Sinar Mas Land Bangun GIPTI Jadi Silicon Valley di BSD
PUSPIPTEK-Sinar Mas Land Bangun GIPTI Jadi Silicon Valley di BSD
A A A
BSD CITY - Indonesia tidak lama lagi akan memiliki Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) pada Juni 2019. Pembangunan GIPTI merupakan kolaborasi antara Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(PUSPIPTEK)Serpong bersama denganSinar Mas Land yang berlokasi di Jalan BSD Grand Boulevard, BSD City, Tangerang, Banten.

Area GIPTI akan menempati lahan PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, seluas 15Hektare. Ke depan, GIPTI memiliki peran sangat penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi di Tanah Air. GIPTI menjadishow casekemajuaninovasidan teknologiterapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakatdi bidang IPTEK, dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM danstartupberbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi diPUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembanganNational Science & Technology Park(N-STP) PUSPIPTEK.

’’GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasantechnopolis,’’kata Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi setelah groundbreaking GIPTI di BSD City, Kamis (10/4/2018).

Menristek menjelaskan bahwa pihaknya mencoba menghidupkan kembali konsep kawasan technopolis dengan dijadikannya PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggisebagai N-STP. ’’GIPTI tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri,” paparnya.

CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land, Christopher Siswanto Adisaputro,mendukung pembangunan GIPTI bagi kemajuan ilmu pengetahuan,teknologi dan inovasi di Indonesia. ’’Kami sangat mendukung pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di BSD City. Berharap kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadiintegrated smart digital city,’’kata Christopher.

BSD City, lanjut dia, menggarap proyek kawasan Digital Hub yang ke depannya akan menjadi ‘Silicon Valley’ di Indonesia. Menurutnya, kehadiran GIPTIjuga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektorteknologi dan riset dan sebagaitalent poolbagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub.

’’Pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan,”ujarnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8279 seconds (0.1#10.140)