Game Jadul Ludo King Kalahkan Popularitas PUBG Mobile

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 16:02 WIB
loading...
Game Jadul Ludo King Kalahkan Popularitas PUBG Mobile
Di antara unduhan game populer di India, Ludo King mencatat 48,3 juta unduhan. Dibandingkan PUBG Mobile yang hanya mencatat 30,8 juta unduhan baru dan menduduki peringkat tiga. Foto/ist
A A A
NEW DELHI - Popularitas game PUBG Mobile kini telah dikudeta oleh game tradisional India , Ludo King. Game ini banyak diminati oleh anak-anak dan keluarga dalam hal unduhan aplikasi untuk periode April-Juni 2020. (Baca juga: Bigetron RA Wakili Kejayaan RI di PUBG Mobile World League Wilayah Timur )

Menurut data dari firma riset aplikasi mobile Sensor Tower, aplikasi game mencatat 15,1 miliar download di seluruh dunia pada periode April-Juni. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2,27 miliar download atau sekitar 18% berasal dari India yang menerapkan lockdown saat pandemik.

Di antara unduhan game populer di India, Ludo King mencatat 48,3 juta unduhan. Dibandingkan PUBG Mobile yang hanya mencatat 30,8 juta unduhan baru dan menduduki peringkat tiga, demikian dikutip dari TechRadar, Sabtu (15/8/2020).

Kenaikan Ludo King tidak ke puncak unduhan tidak dalam semalam. Aplikasi memperlihatkan perkembangan jumlah pengguna secara bertahap.

Pada periode Januari-Maret, Ludo King mencatat 29,5 juta penginstalan baru dan menempati urutan kedua dalam daftar game populer di India. Baru pada periode April-Juni, game tersebut mencapai posisi puncak.

Ludo King, yang dikembangkan oleh Gametion Tech di Mumbai, India, menjadi aplikasi game buatan lokal pertama yang menembus angka 100 juta download. Game yang dirilis pertama kali pada Februari 2016, meraup pendapatan Rp13,7 miliar di seluruh dunia berkat moncernya pembelian di dalam game (in-game purchase).

Sentimen anti-China juga dinilai turut berkontribusi dalam hal capaian ini. Ludo King menjadi lebih populer dibanding PUBG Mobile pada periode ini karena fakta Ludo King adalah aplikasi lokal India, sedangkan yang PUBG Mobile berasal dari China. Sentimen lokal dikatakan memiliki andil dalam popularitasnya yang meningkat. (Baca juga: Alhamdulillah, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Lancar, Ada Relawan Takut Jarum Suntik )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)