CDC AS Larang Masyarakat Kenakan Masker Berventilasi

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 13:08 WIB
loading...
CDC AS Larang Masyarakat Kenakan Masker Berventilasi
CDC Amerika mengingatkan, desain masker berventilasi tidak mencegah penyebaran penyakit menular. Karena itu mereka melarang masyarakat mengenakannya di luar ruangan. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Warga dunia wajib mengenakan masker untuk mencegah penyebaran COVID-19. Namun tidak semua masker boleh dikenakan saat berlalu lalang di luar rumah dan salah satunya masker berkatup atau punya ventilasi pernapasan, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Preventio/CDC) Amerika Serikat. (Baca juga: Alhamdulillah, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Lancar, Ada Relawan Takut Jarum Suntik )

Masker dengan katup satu arah ini dimaksudkan untuk digunakan dalam pekerjaan konstruksi, memungkinkan pengguna menghirup udara yang disaring dan menghembuskan udara hangat dan lembab melalui katup, menurut The Washington Post. Katup mengurangi panas dan kelembapan di dalam masker, membuatnya lebih nyaman dipakai dalam waktu lama.

Tetapi desain ini tidak mencegah penyebaran penyakit menular. Alasan utama memakai masker di era COVID-19 adalah untuk mencegah pernapasan melayang ke udara ketika seseorang batuk, bersin atau berbicara, kata CDC. Tetapi ketika masker memiliki katup, pernapasan dari pemakainya akan dikeluarkan ke udara dan dapat mencapai orang lain.

"Jenis masker ini tidak mencegah orang yang memakai masker untuk menularkan COVID-19 kepada orang lain," kata CDC di situs web-nya.

Banyak maskapai penerbangan telah melarang pelanggan mengenakan masker dengan katup pada penerbangan, lapor Washington Post. American Airlines adalah maskapai terbaru yang mengumumkan larangan, yang mulai berlaku pada 19 Agustus, menurut pernyataan dari maskapai yang dikeluarkan Rabu (12 Agustus).

CDC merekomendasikan penggunaan masker kain saat berada di depan umum, dan mencatat masker bedah dan masker N95 harus disediakan untuk petugas kesehatan dan responden pertama. (Baca juga: Realme C12 Bawa Standar Baru Entry-level dengan Pilihan Baterai 6.000mAh )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)