Tips Naik Motor Aman saat Puasa Ramadan

Rabu, 20 Maret 2024 - 21:05 WIB
loading...
Tips Naik Motor Aman saat Puasa Ramadan
Mengendarai motor dalam kondisi berpuasa riskan kehilangan konsentrasi. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Mengendarai motor dalam kondisi berpuasa riskan kehilangan konsentrasi. Bagi para bikers yang terpaksa masih beraktivitas ada tips bermotor aman saat puasa Ramadan.

Tips bermotor aman saat puasa Ramadan penting untuk demi menjaga kesehatan dan kebugaran dari bikers sendiri. Melansir dari berbagai sumber, berikut tipsnya, Rabu (20/3/2024).

1. Rencanakan jadwal dengan matang


Bermotor saat puasa Ramadan, khususnya jika menempuh jarak yang jauh perlu perencanaan perjalanan yang lebih matang dari biasanya. Hal ini agar tidak terjebak macet akibat kepadatan di ruas-ruas jalan yang biasanya mulai terjadi saat menjelang berbuka. Carilah jalur alternatif yang dirasa tidak terlalu ramai.


2. Cukup istirahat


Saat puasa Ramadan, jam tidur seseorang berubah dan cenderung kurang. Untuk itu atur jam istirahat serta waktu tidur agar dapat berkonsentrasi dengan baik. Mengantuk saat mengendarai motor tentu akan sangat membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Jika di perjalanan konsentrasi mulai menurun, sebaiknya menepi dan beristirahat dulu.

3. Asupan bernutrisi tinggi


Menjalankan puasa Ramadhan membawa konsekuensi perubahan jam makan. Padahal tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar kebutuhan energi tercukupi. Untuk itu ketika berbuka dan sahur makanlah makanan bernutrisi tinggi.

4. Pemanasan


Sebelum berkendara ketika berpuasa sebaiknya melakukan pemanasan ringan terlebih dulu. Fungsinya agar meningkatkan respons tubuh sekaligus mengetahui apakah siap diajak berkendara.


5. Fokus berkendara


Energi pada saat puasa terbatas sehingga upayakan fokus dan tidak melakukan hal-hal yang menguras energi ekstra.

6. Kendalikan emosi


Selain kondisi fisik yang harus dijaga, emosi juga perlu diperhatikan. Berpikir positif terhadap pengendara lain perlu untuk menjaga kondisi nonfisik terkait dengan emosi.

Bila kondisi lelah dan emosi tidak stabil dikhawatirkan bertindak negatif di jalan. Untuk itu perlu kesabaran dan toleransi agar tidak terpancing emosi.

7. Prediksi Bahaya


Saat puasa Ramadan, terutama menjelang berbuka, kondisi jalan akan lebih ramai dari biasa. Memprediksi bahaya saat berkendara diperlukan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan di jalan.

Untuk menghindari potensi bahaya, jaga jarak aman, kurangi kecepatan sehingga punya ruang waktu untuk bereaksi dan meningkatkan kewaspadaan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)