Hasil F1 GP Australia 2024: Carlos Sainz Menang, Max Verstappen dan Lewis Hamilton Gagal Finis

Minggu, 24 Maret 2024 - 13:18 WIB
loading...
Hasil F1 GP Australia 2024: Carlos Sainz Menang, Max Verstappen dan Lewis Hamilton Gagal Finis
Carlos Sainz Jr keluar sebagai pemenang pada balapan F1 GP Australia 2024 / Foto: Formula 1 (@F1) · X
A A A
Carlos Sainz Jr keluar sebagai pemenang pada balapan F1 GP Australia 2024. Pembalap Scuderia Ferrari itu tampil ciamik selama melahap 58 lap pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Grand Prix Melbourne, Minggu (24/3/2024) pukul 11.00 WIB.

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen memimpin jalannya balapan tersebut. Namun sialnya, Verstappen harus mengakhiri balapannya lebih cepat lantaran mobilnya mengalami masalah saat balapan baru memasuki lap ke-4. Situasi ini menjadi keuntungan bagi tim Scuderia Ferrari dan McLaren.

Gugur Verstappen membuat Carlos Sainz memimpin balapan dengan dibuntuti secara berurutan oleh Lando Norris, Sergio Perez, Fernando Alonso, dan Charles Leclerc. Perubahan terjadi saat memasuki lap ke-16, Alonso sukses merangsek ke posisi dua, Leclerc ke posisi tiga dan duo McLaren yakni Oscar Piastri dan Norris ada di posisi empat dan lima.



Senasib dengan Verstappen, Lewis Hamilton juga tidak bisa melanjutkan balapan setelah mesin mobilnya mengalami masalah pada lap ke-17. Tentu saja ini menjadi situasi yang tidak menyenangkan bagi kedua pembalap dan pastinya bagi Red Bull Racing dan Mercedes karena itu artinya mereka hanya menyisakan satu pembalap di sirkuit.

Memasuki lap ke-30, Sainz masih nyaman memimpin balapan. Pembalap yang musim depan akan hengkang dari Scuderia Ferrari itu dibuntuti oleh Leclerc, Norris, Piastri, dan Perez. Memasuki lap ke-39, balapan semakin kompetitif.

Norris sukses mengkudeta Leclerc dari posisi dua. Lalu Alonso secara mengejutkan merangsek naik ke posisi empat dengan menggeser Piastri. Sementara Perez turun ke posisi enam setelah disalip George Russell.



Memasuki 10 lap akhir, Sainz masih sangat nyaman berada di posisi terdepan. Kali ini Leclerc kembali berhasil kembali ke posisi dua. Untuk posisi tiga dan empat dihuni duo pembalap McLaren yakni Norris dan Piastri. Dan di posisi lima ada Perez.

Di lap terakhir, Russell mendapat petaka karena mengalami crash. Mercedes pun harus kembali dihantui mimpi buruk. Sementara itu, Scuderia Ferrari mendominasi seri balapan F1 GP Australia 2024 dengan Sainz yang berhasil meraih podium pertama.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)