Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, Anggota NATO Langsung Siagakan Militer

Minggu, 24 Maret 2024 - 14:40 WIB
loading...
Rudal Rusia Nyasar ke Polandia, Anggota NATO Langsung Siagakan Militer
Rusia melancarkan serangan rudal dan drone ke Ukraina, tapi ada yang salah sasaran dan jatuh di Polandia. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Militer Polandia menyiagakan seluruh armada tempurnya. Itu dilakukan setelah militer Polandia mengatakan salah satu rudal jelajah Rusia sempat melanggar wilayah udara Polandia.

Rusia meluncurkan 57 rudal dan drone ke Ukraina pada Minggu (24/3/2024). Itu termasuk menyerang Kyiv dan wilayah Lviv di Ukraina barat. Sedangkan Angkatan Udara Ukraina menghancurkan 18 dari 29 rudal yang diluncurkan Rusia dan 25 dari 28 drone penyerang.

"Beberapa ledakan mengguncang Kyiv pada Minggu pagi, dengan pasukan pertahanan udara Ukraina menghancurkan sekitar selusin rudal yang diluncurkan Rusia di ibu kota dan sekitarnya," Serhiy Popko, kepala administrasi militer Kyiv, mengatakan melalui Telegram.

Ia menambahkan, hanya ada kerusakan kecil akibat serangan tersebut.



Rusia telah menggempur Ukraina selama berhari-hari dalam serangan yang digambarkan oleh Moskow sebagai balas dendam atas serangan Ukraina pada pemilihan presiden baru-baru ini.

“Untuk pagi ketiga menjelang fajar minggu ini, seluruh Ukraina berada dalam siaga udara dan telah disarankan untuk mencari perlindungan,” ungkap Duta Besar AS Bridget Brink menulis di X pada Minggu pagi.

“Rusia terus meluncurkan drone dan rudal tanpa pandang bulu tanpa mempedulikan jutaan warga sipil, dan melanggar hukum internasional.”

Kementerian Pertahanan Rusia tidak segera membalas permintaan komentar.

Sementara itu, militer Polandia mengklaim salah satu rudal jelajah Rusia yang diluncurkan di wilayah Lviv, Ukraina Barat, melanggar wilayah udara Polandia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)