alexametrics

AISI Optimis Pasar Domestik dan Ekspor Roda Dua Naik

loading...
AISI Optimis Pasar Domestik dan Ekspor Roda Dua Naik
Ilustrasi sepeda motor. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Tahun ini Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memperkirakan target penjualan akan mencapai angka 5,8 hingga 6,1 juta unit.

Namun menurut pengakuan Ketua Umum AISI, Johannes Loma, mereka merubah target penjualan kendaraan roda dua menjadi lebih tinggi yaitu 6,3 juta.

"Sampai saat ini penjualan 4,7 juta unit, dari sini kami bisa perkirakan melampaui target. Kelihatannya akan mencapai 6,2 juta - 6,3 jutaan," kata Johannes saat ditemui di Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

Ia mengatakan selama empat tahun terkahir daya beli masyarakat terhadap kendaraan roda dua mengalami penurunan. Untuk tahun lalu saja penjualan sepeda motor hanya 5,9 juta unit. Namun untuk tahun ini AISI menganggap daya beli masyarkat telah membaik.

"Selain daya beli, komoditi di luar pulau Jawa juga sudah membaik. Belum lagi ada model-model baru dari para anggota yang bisa menjaga tren," ujarnya.

Tak hanya di dalam negeri saja, daya saing di pasar ekspor pun juga meningkat. Ekspor kendaraan roda dua telah mencapai 438 ribu unit. Hal itu menurut Johannes masih bisa meningkat lagi sampai akhir tahun ini hingga 530 ribu unit, dengan total keseluruhan naik 23 persen dibandingkan tahun lalu.

Johannes beranggapan bahwa, kini motor tak hanya sekedar kendaraan, tetapi juga sudah menjadi hobi dan bagian dari gaya hidup.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak