alexametrics

Lenovo Pamer Prototipe Tablet Layar Lipat Seluas 13 Inci Buatan LG

loading...
Lenovo Pamer Prototipe Tablet Layar Lipat Seluas 13 Inci Buatan LG
Lenovo memamerkan prototipe tablet layar lipat yang panelnya diproduksi LG Display. Foto/ist
A+ A-
SEOUL - Samsung, LG, Huawei, Microsoft tengah bekerja keras membawa smartphone dengan layar terlipat pertamanya ke pasar. Namun diyakini ada lebih banyak perusahaan yang tertarik dengan ide tersebut dan bahkan mencobanya di laboratorium R & D mereka sendiri.

Lihat saja Lenovo. Mereka sebenarnya tak masuk dalam pemberitaan masif tentang pabrikan yang tengah berlomba memproduksi ponsel dengan layar lipat.

Namun, hari ini Lenovo secara tiba-tiba memamerkan beberapa unit prototipe-nya untuk membuktikan mereka benar-benar dekat dengan "mitos" smartphone dengan layar yang dapat dilipat.



Laporan terbaru yang berasal dari Korea Selatan mengklaim, Lenovo berencana meluncurkan tablet yang dapat dilipat. Tablet tersebut memiliki layar 13 inci yang diproduksi massal oleh LG Display.

Laman ET News menilai duet yang perlihatkan Lenovo dan LG Display memang tidak biasa. Keduanya telah bekerja sama untuk membawa tablet lipat pertama ke pasar. Layar 13 inci yang dibuat oleh LG Display adalah yang terbesar di industri dan dapat dengan mudah digunakan di laptop, bahkan ketika dilipat.

Secara teoritis, layar 13 inci tersebut hanya berukuran 9 inci ketika dilipat dengan aspek rasio 4:3. Sedangkan untuk aspek rasio 16:9 layar hanya berukuran 8 inci saat dilipat. Ukuran seperti itu masih ideal untuk penggunaan sehari-hari bahkan tablet. Namun layar 6 inci atau 7 inci untuk smartphone akan menjadi jauh lebih kecil saat dilipat.

Di sisi lain, tablet tidak sering digunakan sebagai smartphone sehingga frekuensi lipat jauh lebih rendah. Dengan begitu perangkat ini lebih cocok menjadi yang pertama untuk komersialisasi panel dapat dilipat.

Seorang pejabat LG Display menunjukkan, dengan mempertimbangkan aspek daya tahan dan kegunaan dari industri layar, tablet atau notebook akan lebih sesuai untuk panel yang dapat dilipat daripada smartphone. Panel lipat OLED 13 inci milik LG Display rencananya akan dipasok ke Lenovo pada paruh kedua tahun depan.

Sementara itu, smartphone prototipe Samsung memiliki panel lipat 7,3 inci. Sedangkan Huawei bekerja dengan BOE untuk mendesain ponsel lipat 8 inci.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak