Gagal SNBP 2024? Daftar Saja di Jalur Mandiri 7 PTN Ini dengan Nilai Rapor

Senin, 25 Maret 2024 - 12:02 WIB
loading...
Gagal SNBP 2024? Daftar Saja di Jalur Mandiri 7 PTN Ini dengan Nilai Rapor
Universitas Diponegoro (Undip) adalah 1 dari 7 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur Mandiri 2024 dengan syarat nilai rapor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 7 PTN yang membuka jalur mandiri dengan syarat nilai rapor. Siswa eligible yang sudah mendaftar SNBP 2024 tentu sangat menantikan pengumuman SNBP 2024 pada 26 Maret 2024 besok.

Namun bagi siswa eligible yang gagal pada SNBP 2024, jangan khawatir karena kamu masih punya kesempatan di perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan jalur Mandiri 2024. Artikel kali ini akan membahas 7 PTN yang membuka jalur Mandiri dengan syarat nilai rapor, simak ya!

PTN yang Buka Jalur Mandiri Berdasarkan Nilai Rapor


1. Universitas Diponegoro (Undip)


Undip juga membuka jalur mandiri nilai rapor yang disebut Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka peluang menjadi calon mahasiswa baru program Sarjana S1 dan Diploma melalui Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) tahun 2023.

Persyaratan mengikuti seleksi ini antara lain:

• Lulusan 3 tahun terakhir (2021, 2022 dan 2023) dari SMA/MA/SMK/MAK

• Memiliki nilai rata-rata rapor per semester 70 (Skala 100).

Informasi lainnya bisa dibaca lewat laman https://pmb.undip.ac.id/sarjana/jalur-sbub/

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


ITS juga termasuk yang membuka jalur mandiri nilai rapor yang disebut Mandiri Prestasi. Seleksi Mandiri Prestasi adalah pola seleksi yang diselenggarakan oleh ITS secara mandiri untuk pelajar berprestasi yang berminat berkuliah di ITS pada program Sarjana.

Seleksi ini menggunakan nilai rapor dan didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik. Seleksi Mandiri Prestasi Program Sarjana memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023) dengan tujuan menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan membuka kesempatan berupa altenatif seleksi dengan menggunakan nilai prestasi yang sudah dimiliki, selain melalui SNBP.

Seleksi Mandiri Prestasi 2023 dapat diikuti oleh lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun lulus 2021, 2022, dan 2023. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi dibedakan menjadi Seleksi Mandiri Prestasi Sarjana dan Seleksi Mandiri Prestasi Sarjana Terapan.

Jalur ini dibuka untuk semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS, dan hanya menerima siswa dari jurusan eksakta, kecuali program studi Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan menerima juga siswa dari jurusan non-eksakta.

Informasi lainnya bisa dibaca di laman https://www.its.ac.id/admission/sarjana/sp/#ketentuan

3. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Unnes membuka jalur mandiri nilai rapor atau disebut dengan Seleksi Mandiri Jalur Rapor. Jalur Rapor adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1) dan Diploma Tiga (D3) yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3025 seconds (0.1#10.140)