alexametrics

Mobil Kompak Berteknologi Tinggi

loading...
Mobil Kompak Berteknologi Tinggi
Mobil Kompak Berteknologi Tinggi
A+ A-
MERCEDES-BENZA - Class terbaru hadir di pasar Indonesia dengan tawaran sebuah teknologi yang sangat tinggi, Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Seperti apa kecanggihannya?

Beberapa pekan sebelum Mercedes-Benz A-Class terbaru diluncurkan, Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI), di sela-sela test drive Mercedes-Benz GLA di Yogyakarta pertengahan November lalu mengatakan Mercedes-Benz A-Class akan jadi kejutan baru karena teknologi yang dimilikinya.

“Ini mobil yang canggih banget, sudah seperti komputer. Nanti lihat saja sendiri canggihnya seperti apa,” ujar Hari. Rasa penasaran itu akhirnya terbayar saat MBI akhirnya merilis Mercedes-Benz A-Class terbaru, Jumat (5/10) lalu.



Kecanggihan yang disebutkan oleh Hari ternyata ada di bagian dalam mobil tersebut. Tepatnya sebuah fitur yang dinamakan Mercedes-Benz User Experience (MBUX) yang ada di layar monitor besar yang dinamai Widescreen Cockpit.

Sebenarnya layar ini terdiri dari dua layar yang masingmasing berukuran 10,25-inci. Tampilan layar makin canggih karena memiliki resolusi maksimum yang menampilkan grafik 3D. Bentuknya persis seperti di kokpit Mercedes-Benz E-Class, dua monitor tampak menyatu dalam satu frame.

Canggihnya di mana? Nah yang simpel saja dulu, yakni personalisasi. Anda bisa memersonalisasi tampilan layar dengan warna yang Anda inginkan. Begitu warna dipilih, tiba-tiba saja seluruh ornamen yang ada di beberapa bagian mobil ini seperti kisi-kisi pendingin ruangan, shoulder line dan lampu kaki berubah meng ikuti warna yang Anda pilih.

Jika Anda enggan menekan-nekan layar tersebut, Anda tinggal mengucapkan “Hey Mercedes”. Seperti Siri, mobil akan bertanya kepada Anda, “Apa yang bisa saya bantu?”

Lalu Anda tinggal bilang atur warna ruangan dengan warna biru. Sangat mudah dan tidak merepotkan. Selanjutnya, apa yang biasa Anda lakukan dengan smartphone Anda bisa dilakukan lewat MBUX. Anda ingin pesan makanan? Mobil Anda yang akan memesan.

Anda ingin balik ke rumah? Mobil Anda yang akan menemukan peta tercepat pulang ke rumah. Sampai, jika Anda ingin rumah sudah dalam keadaan dingin begitu Anda tiba di rumah, itu juga bisa dilakukan.

Tentu saja jika rumahnya sudah terkoneksi dengan MBUX. Mobil yang sudah mirip dengan ponsel pintar inilah yang membuat Mercedes-Benz Indonesia percaya diri menargetkan konsumen muda.

Bagi mereka, konsumen ini memang sudah disibukkan dengan ponsel pintar ketimbang automotif, maka Mercedes-Benz A-Class baru berusaha menjembatani keduanya. Lagi pula secara tampilan Mercedes-Benz A-Class juga sangat menjanjikan.

Memang tidak begitu luxury jika dibandingkan dengan keluarga Mercedes-Benz saloon. Tapi setidaknya aura prestisenya masih terjaga berkat tampilan desain yang menawan.

Belum lagi teknologi MBUX yang sangat canggih yang baru hanya ada di A-Class. Tidak ditemukan di keluarga Mercedes-Benz lainnya. Untuk pilihan mesin, mobil ini dibekali mesin empat silinder M 282 yang memiliki kapasitas 1.33 liter.

Mesin tersebut mampu menghasilkan 163 daya kuda serta torsi 250 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 7G-dual clutch. Nah harganya yang mencapai Rp649 juta membuat mobil ini jadi Mercedes-Benz termurah di keluarga Mercedes-Benz.

Tentu bagi anak-anak muda milenial yang sudah memiliki usaha sukses cukup pas untuk melirik mobil. Apalagi tawaran kecanggihan teknologi dan kemewahan khas Mercedes-Benz bukan satu hal yang mudah untuk ditolak.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak