Modus Baru! Hacker Retas Akun Instagram Bank Indonesia Yogyakarta, Tawarkan Giveaway iPhone

Senin, 25 Maret 2024 - 15:07 WIB
loading...
Modus Baru! Hacker Retas Akun Instagram Bank Indonesia Yogyakarta, Tawarkan Giveaway iPhone
Akun Instagram Bank Indonesia DIY yang menampilkan giveaway iPhone. Foto: Tangkapan Layar
A A A
YOGYAKARTA - Akun instagram Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY menjadi sasaran peretas. Hasilnya, tampilan dari Instagram Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta mendadak berubah.

Bank Indonesia menawarkan adanya giveaway dengan pembelian iPhone seharga Rp8,8 juta. Giveaway tersebut bakal diberikan kepada mereka yang beruntung.

"Giveaway tebus murah khusus flowers setia kami Hanya dengan harga Rp8.800.000 untuk 3 orang pemenang siapa cepat dia dapat,” tulis Feed Instagram.

Intan salah seorang warga Sleman mengaku kaget dengan tampilan Instagram Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta tersebut. Senin (25/3/2024) siang dirinya iseng membuka Instagram dari Bank Indonesia Yogyakarta.

Intan termaksud mencari informasi berkaitan dengan penukaran uang yang telah dibuka oleh bank indonesia.

Sepanjang pengetahuannya Bank Indonesia bersama beberapa bank yang lain membuka layanan dengan menggunakan mobil Kas Keliling di Pura pakualaman Yogyakarta.

"Iseng saja tadi buka-buka IG BI, mau nukar uang. Lha kok isinya kayak gitu," kata dia.

Karena penasaran maka dirinya kemudian mencoba menghubungi nomor dari administrasi yang tercantum dalam Instagram tersebut. Dia cukup kaget karena admin tersebut secara cepat membalas pesan yang dia kirim.



"Ini adminnya gercep banget. Terus suruh transfer agar dapat," ujarnya. Dirinya pun sempat berniat untuk langsung mentransfer uang sesuai nominal yang ditentukan.

Namun, dia kemudian merasa curiga karena tidak biasanya Bank Indonesia memberikan giveaway seperti itu. Dia pun mencoba mengkonfirmasi dengan rekannya dan ternyata benar jika IG dari Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta sedang diretas.

Belum ada informasi resmi dari pihak Bank Indonesia kantor wilayah Yogyakarta. Namun, informasi secara tidak resmi menyatakan jika memang IG mereka memang tengah diretas oleh orang lain dan kini dalam tahappemulihan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)