Provinsi dengan Masa Tunggu Haji Reguler Terlama di Indonesia

Senin, 25 Maret 2024 - 17:49 WIB
loading...
Provinsi dengan Masa Tunggu Haji Reguler Terlama di Indonesia
Provinsi Mana dengan Masa Tunggu Haji Reguler Terlama di Indonesia?/Sindonews
A A A
Provinsi dengan masa tunggu haji reguler terlama di Indonesia? Jawabnya ada di Sulawesi. Masa tunggu haji reguler di Indonesia dari tiap provinsi maupun kabupaten dan kota, antara 15 hingga 49 tahun. "Sulawesi 49 tahun, sedangkan DKI 30 tahun,"kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Saiful Mujab.



Saiful Mujab, mengungkapkan, sebanyak 5,3 juta orang Indonesia mengantre untuk mendapatkan kesempatan kuota berangkat haji ke tanah suci. Masa tunggu haji reguler itu selalu bertambah panjang menyesuaikan kuota dari pemerintah Arab Saudi sekitar 200 ribuan. "Ada sekitar 5,3 juta yang waiting list. Kuota yang kita pakai masih existing lima tahun ke belakang,” ujar Saiful Mujab saat mengisi Bimtek Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (24/3/2024).

Saat ini kata dia, masa tunggu yang terlama berada di Sulawesi, yaitu 49 tahun. Sedangkan di DKI Jakarta mencapai 30 tahun. Menyoroti masalah ini, Kemenag pun sedang mencari formula yang tepat agar daftar tunggu haji di Indonesia tidak berlangsung puluhan tahun."Sebenarnya antrean lama itu nggak ada mending ya. Kita mencari format bagaimana supaya bisa mengatasi antrean (haji) itu bisa diatasi dengan baik.''
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5257 seconds (0.1#10.140)