Server Apple Diduga Disusupi Chip Mata-mata China, Ini Jawaban CEO

Minggu, 21 Oktober 2018 - 19:24 WIB
Server Apple Diduga Disusupi Chip Mata-mata China, Ini Jawaban CEO
Server Apple Diduga Disusupi Chip Mata-mata China, Ini Jawaban CEO
A A A
WASHINGTON - Awal Oktober Bloomberg menurunkan laporan bagaimana chip mata-mata kecil ditempatkan oleh Pemerintah China pada motherboard yang ditemukan di server milik perusahaan AS.

Menurut sumber berita, salah satu perusahaan yang terkena dampak adalah Apple. Tetapi perusahaan berbasis di Cupertino menyangkal cerita itu. Bahkan menyatakan laporan Bloomberg membingungkan.

Apple menyatakan pada 2016, satu server Super Micro di lab Apple memiliki driver yang terinfeksi secara tidak sengaja. Sementara Bloomberg terus percaya bahwa ceritanya akurat.

Pekan lalu, CEO Apple Tim Cook berbicara dengan BuzzFeed tentang insiden itu dan sang eksekutif menunjukkan kemarahan yang tidak biasa ke Bloomberg. Yang terakhir tuduhan bahwa Apple menemukan beberapa jenis bug yang ditanam di server Super Micro pada 2015.

Cook menegaskan, laporan itu didasarkan pada "akun bekas yang tidak jelas". Karena itu dia menegaskan kepada BuzzFeed, tidak ada kebenaran dalam cerita mereka tentang Apple. Mereka (Bloomberg) perlu melakukan hal yang benar dan menarik laporannya kembali.

"Kami mengubah perusahaan menjadi terbalik. Pencarian email, catatan pusat data, catatan keuangan, catatan pengiriman. Kami benar-benar secara forensik mencambuk perusahaan untuk menggali lebih dalam dan setiap kali kami kembali ke kesimpulan yang sama: Ini tidak terjadi. Tidak ada kebenaran untuk ini," sebut Tim Cook seperti disitat dari laman Phone Arena, Minggu (21/10/2018).

Sementara Bloomberg mengatakan, mereka menggunakan 17 sumber individu untuk laporan yang diturunkan, termasuk pegawai pemerintah dan orang dalam di beberapa perusahaan yang disebutkan dalam artikel. Organisasi berita itu mengatakan, "Kami mendukung cerita kami dan percaya diri dalam pelaporan dan sumber kami."

Berbicara tentang sumber, beberapa yang digunakan Bloomberg dalam menyusun cerita sekarang adalah mengangkat isu itu. Salah satu sumber khususnya, ahli keamanan perangkat keras Joe Fitzpatrick, mengatakan kepada podcast Risky Business, bahwa kisah ini "tidak masuk akal".

Menariknya, salah satu dari dua penulis berbagi byline pada bagian Bloomberg, Michael Riley, terlibat dalam serangkaian keadaan serupa pada 2014. Cerita itu mengklaim bahwa NSA menggunakan cacat perangkat kemudian ditemukan di banyak browser (disebut Heartbleed) untuk mengumpulkan intelijen.

Poin pernyataan Riley adalah Pemerintah AS sebenarnya tahu bahwa bug ini ada dan menggunakannya untuk keuntungan mereka. "Penyalahgunaan pengguna biasa dibiarkan rentan terhadap serangan dari senjata intelijen dan penjahat intelijen negara-negara lain," sebut NSA dan New York Times yang sama-sama membantah kebenaran laporan itu.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3038 seconds (0.1#10.140)