ID Apple Dibobol, Asosiasi Konsumen China Desak Apple Ganti Rugi

Senin, 22 Oktober 2018 - 20:00 WIB
ID Apple Dibobol, Asosiasi Konsumen China Desak Apple Ganti Rugi
ID Apple Dibobol, Asosiasi Konsumen China Desak Apple Ganti Rugi
A A A
CUPERTINO - Asosiasi Konsumen China mendesak Apple untuk membayar uang konsumen yang hilang akibat ID Apple-nya dicuri. Awal bulan ini, Apple mengatakan, melalui penyelidikan internal, mereka menemukan bahwa sejumlah kecil akun pelanggannya diretas dengan penggunaan penipuan phishing. Pelanggan ini tidak memiliki otentikasi dua faktor yang diaktifkan.

Mengutip laporan Reuters, Senin (22/10/2018), Apple mengatakan, masalah ini terkait dengan peningkatan penggantian garansi iPhone palsu di China. Skema ini yang telah menghabiskan biaya miliaran dolar oleh Apple, mengharuskan mengambil komponen dari iPhone yang dicuri, mengganti suku cadang dengan placeholder, dan meminta model pengganti baru di bawah garansi. Bagian yang dipotong itu dijual di pasar gelap seperti halnya unit iPhone pengganti.

"Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan kami oleh penipuan phishing ini. Kami secara proaktif mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan dan menjangkau pelanggan yang terpengaruh. Kami sangat menyarankan semua pengguna untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor, yang mencegah akses tidak sah ke akun mereka," demikian respons Apple seperti disitat dari Reuters.

Menanggapi pernyataan dari situs web Asosiasi Konsumen, Apple menegaskan, mereka mencoba untuk menghubungi semua pelanggan yang terpengaruh dan sangat menyarankan agar mereka mengaktifkan otentikasi dua faktor. Sebab ini akan mencegah akses tidak sah oleh orang tak bertanggung jawab ke akun mereka.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu menambahkan, mereka akan berbicara dengan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik dari mereka. Selain itu, perusahaan siap berbicara dengan lembaga konsumen yang relevan.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6543 seconds (0.1#10.140)