alexametrics

Wawancara CEO Huawei, Richard Yu

Bicara Mate 20, Kartu Nano Memory Hingga Ponsel 5G yang Bisa Dilipat

loading...
Bicara Mate 20, Kartu Nano Memory Hingga Ponsel 5G yang Bisa Dilipat
CEO Huawei, Richard Yu. Foto-foto/GSM Arena
A+ A-
Peluncuran Huawei Mate 20 Series di London, Inggris, dijadikan momen awak media untuk melakukan wawancara dengan CEO Huawei, Richard Yu.
Dalam sesi tersebut, sang CEO bicara panjang lebar tentang Huawei dan komitmennya melahirkan perangkat berteknologi tinggi. Mulai dari lineup Mate 20, teknologi 5G, ponsel yang layarnya dapat dilipat, dan standar kartu memori nano baru.
Berikut petikan wawancara awak dengan Richard Yu seperti yang kami lansir dari laman GSM Arena, Selasa (23/10/2018).

Mengapa Anda memutuskan untuk menyingkirkan kamera monokrom daripada hanya menambahkan kamera keempat?
Bicara Mate 20, Kartu Nano Memory Hingga Ponsel 5G yang Bisa Dilipat

Tujuan kami adalah menambahkan kamera sudut ultra lebar. Tiga kamera high end sangat mahal, harganya jauh lebih mahal daripada empat kamera di (ponsel) lainnya.

Menempatkan 4 sensor ujung bawah pada ponsel sangat mudah dilakukan. Sementara menempatkan tiga sensor high-end sangat sulit. Tidak hanya sangat mahal, tapi sangat sulit untuk membuatnya.



Dengan menghapus kamera monokrom, kami membuat ruang untuk kamera sudut ultra lebar, lensa 16 mm, sehingga konsumen memiliki bidang pandang yang lebih luas. Tapi kami juga mengandalkan kualitas sensor utama yang ditingkatkan bersama dengan peningkatan ISP untuk menggantikan kamera monokrom. Memiliki kamera monokrom pasti akan lebih baik tapi itu berarti memiliki empat sensor.

Jadi ponsel P series berikutnya memilik empat kamera?

Saya tidak bisa mengatakan demikian. Belum tentu, karena kualitasnya sudah cukup baik. Sangat mudah bagi kita untuk melakukan 4 atau 5 sistem kamera tapi itu akan mengorbankan kualitas. Empat kamera pada ponsel lain jauh lebih rendah dari ketiga kami.

Kami memiliki 3 kamera high-end. Cara lain untuk memikirkannya adalah mesin enam silinder yang diaspirasi secara alami tidak berfungsi sebaik mesin 4-silinder twin-turbo.

Bagaimana dengan Nano Memory dan implikasinya terhadap seluruh industri. Apakah akan menjadi standar global?
Bicara Mate 20, Kartu Nano Memory Hingga Ponsel 5G yang Bisa Dilipat

Ya, itu diciptakan oleh kami dan saya pikir itu akan menjadi standar global.

Sudahkah Anda berbicara dengan perusahaan lain tentang hal itu?

Ya, Anda dapat melihat cara kerjanya dengan mengatakan, slot Dual SIM dua sisi. Ini diciptakan oleh Huawei untuk telepon Honor Magic. Anda juga melihat di mana-mana slot SIM hibrida yang dapat mengambil kartu SIM kedua atau mobil microSD -itu juga sesuatu yang diciptakan oleh kami- itulah paten global kami. Hari ini standar global tapi diciptakan oleh Huawei.

Jadi apakah Anda akan membuat kartu memori nano tersedia untuk setiap produsen di dunia seperti halnya microSD?


Ya, kami berharap semua produsen membuat kartu Nano Memory. Kami mengizinkan semua orang di industri ini untuk memproduksi memori ini.

Kapan sebaiknya kita mengharapkan kartu memori nano pertama keluar?

Sekarang, mereka tersedia sekarang.

Perusahaan mana yang membuatnya?

Hari ini, itu (yang buat) Huawei, tapi kemudian banyak perusahaan dapat membuatnya -semua produsen microSD.

Tetapi produsen lain akan membuatnya juga?

Ya, di masa depan. Kami melakukan ini untuk seluruh industri. Kami berharap ini menjadi standar industri berikutnya. Kami terbuka untuk bekerja dengan siapa pun.

Apakah Anda membebankan biaya lisensi kepada produsen untuk menggunakan teknologi ini?

Saat ini kami memiliki paten terbuka untuk semua produsen untuk digunakan secara bebas, seluruh industri dapat menggunakannya. Tapi itu masih paten, jadi hak kami.

Dapatkah Anda memberikan pembaruan tentang upaya Huawei menuju pemecahan di pasar AS?
Bicara Mate 20, Kartu Nano Memory Hingga Ponsel 5G yang Bisa Dilipat

Dalam jangka pendek, pasar AS sulit karena sebagian besar ponsel di sana dijual melalui saluran operator. Saat ini, ada beberapa alasan yang tidak memungkinkan kami bekerja dengan saluran ini. Jadi fokus kami adalah pasar global untuk saat ini.

Apakah Anda melihat perubahan itu dalam waktu dekat?

Ya, kami berharap demikian. Kami sedang menunggu (kesempatan yang tepat).

Dengan pengumuman Mate 20 X dan layar 7,2 inci, apakah Anda berharap ukuran layar rata-rata akan meningkat lebih banyak untuk tahun depan?

Saya pikir begitu. Saya telah menggunakan Mate 20 X setiap hari dan dapat melihat email saya dengan jauh lebih nyaman. Saya tidak perlu menghabiskan banyak waktu di PC saya. Kami juga memperkenalkan navigasi gerakan, yang membuat lebih mudah (untuk mengoperasikan telepon).

Ini mengingatkan kita sedikit gerak-gerik Apple di bawah iOS?

Ya, itu mirip tetapi banyak hal berbeda. Saya bisa kembali seperti ini, gesekan tepi layar untuk kembali, satu tangan dengan tangan kiri kanan. Sehingga memungkinkan operasi handset dengan satu tangan.

Banyak perusahaan yang mendesain ponsel yang dapat dilipat dan kemungkinan dirilis tahun depan. Apa pendapat Anda tentang faktor bentuk ini?

Saya tidak dapat berbicara banyak tentang itu, tapi kami memiliki telepon lipat, yang 5G, saat ini sedang dalam pengembangan, itu dalam pengujian laboratorium. Itu sangat menarik.

Kapan kita dapat mengharapkan ponsel yang dapat dilipat atau 5G dari Huawei?

Saya tidak bisa memberi Anda waktu yang nyata, tapi pasti akan tahun depan.

Saat Anda mengatakan ponsel yang dapat dilipat, maksud Anda layar yang dapat dilipat? Tidak seperti ZTE...


Oh, tidak, itu mengerikan. Itu ide yang buruk -memiliki celah. Tidak, kami akan melipat ke ukuran layar yang besar dan itu tidak akan memiliki celah. Anda bahkan tidak perlu membawa tablet atau PC dengan Anda -Anda akan memiliki layar besar di ponsel Anda. Layar pada Mate 20 X sudah besar tapi untuk beberapa - mereka membutuhkan yang lebih besar.

Mate 20 X memiliki layar sebesar tablet Android pertama. Tapi itu tidak terasa sebesar angka yang disarankan. Ya, kami membuatnya sangat kompak. Aku menyukainya. Dan tidak pernah kehabisan baterai.

Apakah itu perangkat favorit Anda di antara telepon Mate 20 yang baru?

Secara pribadi, saya suka yang satu ini. Saya menggunakan telepon tidak hanya untuk bersenang-senang tapi juga untuk bekerja. Saya memiliki banyak email dan pesan kerja dan itu sangat bagus untuk itu. Pagi ini saya bangun jam 4 pagi, semua jetlag, dan saya tidak perlu membuka PC sama sekali.

Selama menjadi pembicara kunci, Anda membandingkan Mate 20 X ke Nintendo Switch. Apakah Huawei masuk segmen game mobile, bahkan mungkin bersaing dengan konsol game genggam?


Ya, Anda dapat melihat ini (Mate 20 X) adalah pengalaman yang lebih baik daripada (Switch) bagi kaum muda. Saya tidak punya waktu untuk bermain game sendiri, tetapi ini adalah solusi game yang lebih baik untuk anak muda.

Jadi apakah itu ditargetkan sebagai perangkat game atau produktivitas?
Bicara Mate 20, Kartu Nano Memory Hingga Ponsel 5G yang Bisa Dilipat

Kedua-duanya. Ini untuk bekerja dan bermain.

Semua orang berbicara tentang 5G, manfaat apa yang Anda pikir untuk industri ini?

5G memiliki kecepatan data yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah. Ada tujuh miliar orang di planet ini, tetapi mesinnya 7 triliun dan mereka semua bisa terhubung. Jadi 5G akan memungkinkan lebih banyak koneksi, bukan hanya peningkatan kecepatan.

Sementara 4G LTE dibuat untuk menghubungkan orang, latensi rendah 5G berarti mesin dapat mengambil keuntungan dari itu. Terutama kendaraan penggerak otonom yang membutuhkan latensi sangat rendah dan respons cepat.

Ini juga memungkinkan Anda menghubungkan ponsel ke cloud untuk layanan AI real-time. Ini akan mengirim permintaan pencarian Anda dan perintah suara segera ke cloud, di mana mereka akan diproses dan balasan akan segera tersedia di telepon.

Saat ini, terjemahan real-time mengalami kesulitan untuk berbicara dengan saya. Saat ini, 4G cepat dan sepertinya sudah cukup dan kita tidak membutuhkan 5G. Hanya kenyataannya adalah AR, VR, AI, dan semua layanan cloud semuanya dapat memperoleh manfaat dari 5G.

Haruskah berharap perangkat midrange 5G tahun depan?

Saya tidak bisa mengungkapkannya saat ini. Saya tahu jawabannya tetapi saya tidak diizinkan untuk membagikan ini.

Bagaimana Anda membandingkan Mate dan seri P hari ini?
Bicara Mate 20, Kartu Nano Memory Hingga Ponsel 5G yang Bisa Dilipat

Seri Mate adalah tentang produktivitas, kinerja, dan permainan pada layar yang lebih besar. Sementara itu, kami memfokuskan seri P pada inovasi kamera untuk pengalaman kamera yang mengganggu yang memimpin kompetisi. Ponsel seri Mate lebih besar dan memberikan daya tahan baterai yang lebih baik dan kinerja yang lebih tinggi.

Huawei sebelumnya hanya mengumumkan satu ponsel Porsche Design per tahun di masa lalu. Mengapa merilis dua tahun ini? Sekarang Anda memiliki satu berdasarkan seri P dan yang lain -pada seri Mate.

Di masa depan, kami berharap untuk kembali ke satu perangkat Porsche per tahun. Tahun ini, mitra kami di Porsche Design ingin terus maju dengan inovasi tetapi kami menyadari bahwa itu terlalu mahal untuk mengembangkan dua perangkat Porsche dalam setahun.

Apakah ke depan Porsche Design akan diluncurkan dengan Mate atau P series berikutnya?

Akan ada fokus pada seri Mate.

Apa pendapat Anda tentang ponsel yang memiliki bagian yang dapat dilipat atau dilipat, seperti kamera?

Oh, itu bukan ide yang bagus. Bagian-bagian mekanis mengambil banyak ruang dan juga membuat air dan debu tidak memungkinkan. Mereka membuat ponsel lebih tebal dan baterai lebih kecil. Anda dapat melihat bahwa layar takik semakin kecil -seperti pada Mate 20.

Mate 20 Pro dan Mate 20 X adalah IP67 atau IP68, mengapa hanya Mate 20 IP53?

Kami bisa membuatnya IP68, tapi IP53 adalah perlindungan yang cukup dari kerusakan air bagi kebanyakan orang yang mungkin menjatuhkan perangkat ke dalam air. Lalu dengan cepat memancingnya keluar, itu akan baik-baik saja. IP53 juga sedikit lebih murah.

Mate 20 Pro adalah ponsel Desain non-Porsche pertama yang melampaui 1.000 euro. Adakah alasan mengapa penetapan harga itu dipilih?

Hari ini, pelanggan mengharapkan ponsel yang lebih baik dengan teknologi yang lebih baik. Jika Anda membandingkan seri Mate 20 ke iPhone, harga kami lebih kompetitif. Tetapi teknologi kami lebih baik -kami memiliki daya tahan baterai yang lebih lama, layar yang lebih besar, kamera yang lebih baik -kami memimpin dengan teknologi di perangkat kami sehingga kami dapat meningkatkan harga karena biaya juga sangat tinggi untuk mencapai perangkat keras.

Layar berkontur pada Mate 20 Pro, misalnya, jauh lebih mahal daripada layar datar. Biayanya hampir dua kali lipat. Bahkan layar datar harganya lebih dari USD100 dolar.

Bagaimana Anda membedakan antara Huawei dan Honor?

Honor adalah merek e-commerce Huawei dengan harga yang lebih kompetitif daripada Huawei. Huawei adalah tentang semua teknologi terbaru dan perangkat paling premium, yang harganya lebih tinggi.

Honor menggunakan teknologi mass-market dan hadir dengan harga yang sangat kompetitif. Perangkat dijual di saluran e-commerce hanya untuk menekan biaya. Ini memungkinkan untuk menawarkan harga yang lebih rendah daripada saluran tradisional.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak