Daftar 10 Sekutu Mesir, Negara yang Rencanakan Perang Melawan Israel

Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:26 WIB
loading...
Daftar 10 Sekutu Mesir, Negara yang Rencanakan Perang Melawan Israel
Mesir disebut telah merencanakan perang melawan Israel. Mesir memiliki sekitar sepuluh negara sekutu di kawasan Arab. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pensiunan perwira senior Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Eli Dekel, memperingatkan IDF bahwa Mesir telah merencanakan perang melawan Zionis.

Dekel, yang pernah berpangkat letnan kolonel, mengatakan ada peningkatan kekuatan militer tentara Mesir di Sinai sejak 2004, dan terutama sejak 2008.

Peringatan tersebut mengejutkan karena kedua negara telah terikat perjanjian damai selama puluhan tahun.

“Sejak tahun 2014, tentara Mesir telah memperluas infrastruktur militernya di Sinai secara signifikan,” katanya, dalam sebuah artikel yang diterbitkan di situs Nziv.

“Pada tahun 2014, setelah masa kerusuhan regional dan penggulingan Ikhwanul Muslimin dari kekuasaan di Mesir pada tahun 2013, pembangunan infrastruktur militer di Sinai dipercepat, dan pada saat yang sama proses pembelian senjata canggih mulai dilakukan,” lanjut Dekel.

“Proses ini membuat tentara Mesir menduduki peringkat ke-12 tentara paling kuat di dunia dan mendorong Israel ke peringkat ke-18 secara global.”

Israel menjadi negara kuat karena dukungan yang luar biasa dari sekutu utamanya; Amerika Serikat (AS).

Mesir juga memiliki banyak sekutu di kawasan Arab, meski beberapa di antaranya pernah bersitegang. Aliansi dan kemitraan yang dibangunnya dengan negara-negara lain memiliki dampak yang signifikan pada geopolitik di Timur Tengah dan di seluruh dunia.

10 Negara Sekutu Mesir

1. Arab Saudi


Hubungan Mesir dengan Arab Saudi telah menjadi salah satu pilar utama kestabilan di Timur Tengah. Kedua negara tersebut seringkali bekerja sama dalam berbagai masalah, termasuk kebijakan luar negeri, ekonomi, dan keamanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)