Eks Sekpri Jokowi Dikabarkan Maju Pilbup Boyolali, Hasto: Nepotisme di Depan Mata Kita

Minggu, 31 Maret 2024 - 17:45 WIB
loading...
Eks Sekpri Jokowi Dikabarkan Maju Pilbup Boyolali, Hasto: Nepotisme di Depan Mata Kita
Devid Agus Yunanto, Eks Sekpri Presiden Jokowi. Foto/Facebook Devid
A A A
BOYOLALI - Rencana Devid Agus Yunanto, mantan sekretaris pribadi (Sekpri) Presiden Joko Widodo , untuk maju sebagai calon Bupati Boyolali menjadi sorotan kritis Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Dalam diskusi "Sing Waras Sing Menang" pada Sabtu (30/3/2024), Hasto menyatakan kekhawatirannya terhadap tindakan yang dianggap nepotisme tersebut.

Menurut Hasto, pencalonan Devid sebagai calon Bupati Boyolali memperlihatkan sebuah contoh yang telanjang terkait dengan prinsip nepotisme.

"Kita lihat, nepotisme itu kita lihat ternyata justru semakin telanjang di depan mata kita. Misalnya sekretaris Pak Jokowi, Devid, dicalonkan sebagai calon Bupati di Boyolali," ungkapnya dengan tegas.

Hasto menyoroti bahwa langkah tersebut juga dinilai akan merebut basis dari PDI Perjuangan yang selama ini membesarkan Jokowi. "Itu kan akan merebut basis dari PDI Perjuangan yang selama ini membesarkan (Jokowi)," ujar Hasto dengan nada prihatin.



Dia juga menambahkan bahwa Presiden Jokowi telah melakukan penyalahgunaan kekuasaan di sisa masa jabatannya dengan memanfaatkan pengetahuan tentang kekuatan PDIP.

"Kenapa Pak Jokowi pada akhirnya memutuskan langkah untuk melakukan kecurangan masif melalui abuse of power dari presiden, dari hulu ke hilir, karena kita melihat beliau kan tahu persis kondisi PDI Perjuangan," ujar Hasto dengan nada mempertanyakan.

Hasto juga menyinggung pengalaman saat Jokowi mencalonkan diri di masa lalu yang menunjukkan betapa PDIP memiliki kekuatan yang luar biasa.

"Kita ketika mencalonkan Pak Jokowi berapa banyak anak ranting, ranting, yang semuanya ikut bergotong-royong yang saya sebut Mas Prananda saja ketika Pak Jokowi menjadi calon Gubernur bergotong-royong Rp 6,2 miliar," katanya dengan nada mengingatkan.

Menyimpulkan, Hasto menegaskan bahwa Jokowi memiliki pemahaman yang mendalam tentang kekuatan PDIP dalam segala aspek, baik dari segi ideologi, organisasi, maupun militansi.

"Seluruh kepala daerah kita, anak ranting, ranting, Pak Jokowi tahu persis the power of PDIP baik dalam pengertian ideologi, pengertian organisasi, militansi," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2858 seconds (0.1#10.140)