Mau Lolos PTN Idaman? Coba 10 Tips Sukses UTBK-SNBT 2024

Senin, 01 April 2024 - 13:22 WIB
loading...
Mau Lolos PTN Idaman? Coba 10 Tips Sukses UTBK-SNBT 2024
Salah satu tips agar lolos kampus idaman di UTBK SNBT 2024 adalah dengan belajar soal-soal UTBK SNBT di tahun sebelumnya. Foto ilustrasi/laman Unsoed
A A A
JAKARTA - Ini 10 tips lolos PTN idaman di UTBK-SNBT 2024 yang dijamin anti gagal. Kamu yang sudah mendaftar UTBK-SNBT 2024, selain persiapan belajar tentu membutuhkan strategi khusus untuk bisa lolos perguruan tinggi negeri (PTN) idaman. Apa saja strategi itu? Artikel kali ini akan membagikan sejumlah tips lolos PTN idaman di UTBK-SNBT 2024, simak ya!

10 Tips Lolos PTN Idaman Melalui UTBK-SNBT 2024


1. Buat Jadwal Belajar Sendiri


Buatlah jadwal belajar sesuai dengan waktu ujian nanti. Bukan hanya membuat jadwal, tapi disiplinlah dengan jadwal yang sudah dibuat. Ini penting, karena tak ada gunanya membuat jadwal tapi kita malas menepatinya.

2.Belajar Sesuai Gaya Sendiri


Masing-masing orang punya gaya sendiri dalam belajar. Ada yang tipe belajar, visual, auditori, dan kinestetik. Belajarlah dengan gaya yang kamu suka dan biasa dilakukan selama ini. Usahakan jangan mengubah gaya belajar, apalagi mengikuti orang lain.

Yang harus dihindari itu adalah Sistem Kebut Semalam (SKS), belajar semalaman untuk ujian besok harinya. Jangan. Ingat, UTBK ini tidak sama dengan UN atau ulangan harian. Tidak bisa hanya dipersiapkan satu hari saja menghadapinya.

3.Percaya Diri


Buang jauh jauh rasa minder. Kamu harus punya kepercayaan diri bahwa bisa lulus PTN di prodi yang dipilih. Kepercayaan diri ini sangat penting karena itu akan memotivasi kita untuk berusaha lebih giat.

Tak ada yang tak mungkin. Banyak cerita siswa dengan prestasi sekolah pas-pasan, dari sekolah yang bukan favorit, dan tak punya fasilitas untuk ikut bimbel, tapi bisa lolos ke PTN top.


4. Belajar Contoh Soal UTBK-SNBT


Ada yang berbeda UTBK-SNBT dengan SBMPTN sebelumnya. UTBK-SNBT tidak mengujikan Tes Potensi Akademik (TPA). UTBK-SNBT 2023 akan terdiri Tes Potensi Skolastik,Tes Literasi, dan Penalaran Matematika. Kamu bisa mencoba mempelajari soal-soal UTBK-SNBT 2023 yang diberikan panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

5. Ikuti Try Out


Ikuti uji coba atau try out UTBK-SNBT. Try out bisa dilakukan secara mandiri, ikut lembaga yang menyelenggarakan, atau bimbel. Buat target untuk setiap try out. Lakukan beberapa kali agar kita tahu kemajuan dari satu try out ke try out berikutnya.

Hasil try out ini bisa digunakan, pertama untuk mengetahui apakah persiapan belajar kita mengalami perkembangan. Kedua, kita jadi tahu kelemahan kita dimana.

6. Kurangi Aktivitas Nongkrong


Kamu benar-benar harus memanfaatkan waktu yang tersisa menjelang UTBK-SNBT sebaik-baiknya. Waktu kita tidak banyak. Karena itu hobby nongkrong, sebaiknya dikurangi dulu.

7. Ikut Bimbel


Jika merasa membutuhkan, masih ada waktu, dan ada biaya, ikut bimbingan belajar (bimbel. Kelebihan bimbel yang bereputasi, mereka punya tips dan trik tersendiri untuk menghadapi UTBK. Siswa bimbel biasanya juga dibimbing untuk memilih prodi dan PTN yang sesuai dengan kemampuannya.

Tapi kalau tidak bisa bimbel, belajar mandiri juga cukup. Banyak sekali siswa yang lulus tanpa harus bimbel. Banyak juga yang sudah bimbel tapi tidak lulus.

8. Buat Kelompok Belajar


Hindari melakukan aktivitas tanpa tujuan menjelang UTBK. Tapi kalau bertemu untuk belajar bersama justru bagus. Berkumpulah dengan teman-teman yang sama-sama mempersiapkan diri dan punya tekad kuat lulus SNBT. Dengan belajar bareng kita bisa saling belajar soal-soal yang mungkin kurang paham.

9. Jaga Kondisi Fisik dan Mental


Belajar tentu, tapi jangan memaksa diri terlalu banyak. Yang wajar-wajar saja. Perhatikan waktu istirahat dan makan teratur. Fisik perlu fit untuk menghadapi UTBK nanti. Jangan sampai di hari UTBK malah sakit karena kelelahan.

10. Percaya Kekuatan Doa


Belajar sudah, persiapan ini itu sudah, yang tak boleh ditinggalkan adalah berdoa. Perbanyak ibadah dan berdoa semoga apa yang kamu inginkan terkabul. Minta juga doa dan saran dari orang-orang terdekat seperti kakek, nenek, ibu, ayah, kakak, adik, guru, sahabat dan lainnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)