Pakai Modem Intel, Apple Baru Bisa Luncurkan iPhone 5G pada 2020

Minggu, 04 November 2018 - 13:27 WIB
Pakai Modem Intel, Apple Baru Bisa Luncurkan iPhone 5G pada 2020
Pakai Modem Intel, Apple Baru Bisa Luncurkan iPhone 5G pada 2020
A A A
CUPERTINO - Broadband berbasis 5G tidak diragukan lagi menjadi topik panas terbesar dalam industri ponsel cerdas saat ini. Teknologi ini juga dilihat sebagai penyelamat untuk mempromosikan perkembangan pesat industri ponsel.

Mengapa dianggap penyelamat? Karena dari tahun ke tahun pertumbuhan industri smartphone terus menurun. Nah dengan teknologi internet supercepat, maka konsumen bakal lebih tertarik lagi untuk memperbarui handset-nya.

Terkait bakal dikomersialkannya jaringan 5G pada tahun depan, di akhir tahun ini banyak merek yang mengekspos rencana ponsel berbasis 5G. Mereka siap melepas ponsel 5G pertamanya tahun depan.

Bagaimana dengan Apple? Bila diberitakan sebelumnya Apple kurang berminat memproduksi smartphone 5G, tapi belakangan pabrikan Cupertino itu merevisi rencananya.

Menurut laporan terbaru, Apple akan meluncurkan iPhone pertama yang mendukung komunikasi 5G pada 2020 menggunakan baseband Intel 5G. Bisa jadi ini akibat dari berlomba-lombanya perusahaan smartphone berbasis Android untuk memproduksi ponsel 5G tahun depan.

Majalah bisnis Amerika yang terkenal, Fast Company, melaporkan, Apple menjadualkan meluncurkan iPhone 5G pada 2020. Handset akan menggunakan modem Intel 8161. Perlu dicatat bahwa modem 8161 akan dibuat menggunakan proses 10 nanometer Intel.

Proses 10nm Intel pada awalnya direncanakan untuk produksi massal pada 2016, tapi mengalami banyak masalah. Pada akhir bulan lalu, CEO interim Intel, Bob Swan mengatakan, proses 10-nanometer membaik tapi mungkin belum siap hingga 2019 untuk produksi massal.

Ketika iPhone mengadopsi kemampuan 5G, Intel diperkirakan akan menjadi satu-satunya pemasok chip baseband Apple. Walaupun Apple selalu "tidak puas" dengan kinerja Intel.

Majalah Fast Company berspekulasi, masalah disipasi panas dari modem 8060 mungkin menjadi alasan ketegangan antara kedua perusahaan. Qualcomm sendiri enggan memasok chipset 5G kepada Apple karena masalah hak paten.

Apple dikabarkan juga sedang bernegosiasi dengan pemasok MediaTek. Jika Intel tidak dapat memecahkan masalah panas, maka Apple mungkin ingin MediaTek menyediakan lebih banyak chip modem.

4G LTE adalah standar yang ada untuk teknologi komunikasi nirkabel dan 5G akan dengan cepat dipopulerkan di antara produsen ponsel dalam beberapa tahun mendatang. Qualcomm dikatakan aktif mempersiapkan untuk memproduksi chipset 5G dan berharap dapat menggunakannya di smartphone unggulan pertama yang diluncurkan pada 2019.

Secara umum, penggunaan teknologi terbaru Apple di iPhone seringkali relatif lambat. Misalnya, iPhone generasi pertama tidak mendukung standar 3G pada saat peluncurannya dan teknologi 4G LTE tidak muncul di iPhone 5 hingga 2012.

Sekarang, operator jaringan seluler masih berada pada tahap awal penyebaran jaringan 5G dan popularitasnya akan menjadi proses yang lambat.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7330 seconds (0.1#10.140)