alexametrics

Avanza dan Jazz Mobil Berkas Paling Dicari

loading...
Avanza dan Jazz Mobil Berkas Paling Dicari
Toyota Avanza. FOTO/ Ist
A+ A-
JAKARTA - Industri mobil bekas di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh hingga tahun 2021. Kemunculan platform jual/beli mobil online serta partisipasi perusahaan pembiayaan dalam memfasilitasi kredit untuk membeli mobil bekas, disinyalir menjadi faktor-faktor yang memicu pertumbuhan ini.

Hal lain yang juga membuat industri mobil bekas semakin bergeliat adalah peraturan pelat mobil ganjil/genap yang baru-baru ini disahkan oleh pemerintah. Masyarakat cenderung untuk memiliki dua mobil dengan pelat nomor tertentu, untuk memudahkan mobilitasnya sehari-hari.

Munculnya berbagai macam variasi permintaan mobil bekas pun menjadikan OLX turut merasakan imbas dari geliat industri ini. Setidaknya, terdapat lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Permintaan pun tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.



Dari sisi suplai, OLX menawarkan jenis, merek, harga mobil bekas yang sangat bervariasi. Data internal OLX memperlihatkan bahwa delapan dari sepuluh mobil yang dijual online, terdapat di platform iklan baris online ini. “Kecepatan menjual dan jangkaun yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya, di OLX,” Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia, memberikan informasi.

Mobil sendiri telah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal platform ini beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil, di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya.

Para dealer yang memanfaatkan OLX untuk bisnisnya mengungkapkan bahwa mobil 7- seater masih menjadi favorit banyak pembeli. Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX, yaitu Toyota Avanza. Dari tahun ke tehun, mobil ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

Selaras dengan ungkapan para dealer, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau dan efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh jasa penyewaan mobil untuk mengantar turis berkunjung ke berbagai tempat rekreasi. Beberapadealer di OLX menginformasikan bahwa mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi karena harga jual yang tetap stabil, meskipun telah digunakan selama tiga hingga lima tahun.

Di urutan kedua terdapat Honda Jazz. Selain menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh penguna OLX, dari sisi suplai, mobil ini juga menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga 105 juta – 180 juta rupiah di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Menurut informasi para dealer, Honda Jazz paling banyak dicari oleh wanita, khususnya ibu muda dan mahasiswi. Ukurannya yang compact, pilihan warna yang beragam, serta efisiensi bahan bakar, menjadi daya tarik utama dari mobil ini. Selain itu, harga jual Honda jazz cukup dinilai cukup stabil oleh para dealer, meskipun telah digunakan 2 – 3 tahun.

Untuk menginformasikan tentang fokus bisnis terbaru ini, OLX pun meluncurkan kampanye #PusatnyaMobil pada awal bulan Oktober, 2018. Kampanye ini menjadi bagian dari upaya OLX dalam mengembangkan ekosistem mobil bekas terbesar dan paling komprehensif. “Posisi OLX sebagai pemimpin di industri mobil bekas tidak lepas dari para dealer yang selama ini mempercayakan bisnisnya pada platform kami,” ujar van Schagen. “Setidaknya, tahun ini terdapat ribuan dealer mobil bekas yang mempercayakan bisnisnya kepada OLX. Kami harap, jumlahnya akan meningkat setiap tahun,” tutupnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak